Seks Pra Nikah = Seks Bebas?


apa itu seks bebas? seks pra nikah? apa komentarmu?

apa itu seks bebas? seks pra nikah? apa komentarmu?

Ah, orang mau bilang apa kek, aku akan tetap menulis apapun yang ada di otakku. Ide lebih penting ketimbang menjaga image kalau saya tidak mengumbar yang berbau kelamin itu di blog ini. Toh, saya tidak pernah menampilkan sedikitpun gambar yang berbau telanjang atau memperlihatkan alat kelamin atau alat vital atau yang mengundang syahwat itu. (Mungkin yang telanjang adalah foto kaki disamping ini.. hehe..)

Nah, kali ini ketika sedang membaca sebuah berita di Kompas yang berjudul “Duh… Mahasiswa Belum Banyak Tahu Dampak Seks Pra Nikah“, saya jadi terpikirkan soal realitas yang selama ini memang ada di lingkungan remaja Indonesia. Entah sudah berpuluh-puluh video atau foto mesum, bugil yang sudah beredar di Internet yang pelakunya adalah orang atau remaja Indonesia, baik itu siswa SMP, siswi SMA, mahasiswi-mahasiswa sebuah perguruan tinggi, orang rumahan, atau bahkan para politisi dan pejabat tinggi bangsa ini.

Itulah realitas yang ada. Mau diperhatikan atau tidak oleh pemimpin atau calon pemimpin bangsa ini, inilah yang sedang atau akan terjadi di Indonesia. Bahkan, beberapa buku mendadak muncul dan tenar banyak mengupas budaya seks bebas yang terjadi baik sebelum atau pra nikah dan pasca menikah dengan istilah ngetrennya perselingkuhan.

Untuk tidak menyebut semua, salah satu yang dulu sempat mengemuka dan kontroversi adalah buku Iip Wijayanto, seorang peneliti di Yogyakarta yang mengungkap bahwa 90% mahasiswa di Yogyakarta sudah tidak perawan dan pernah melakukan hubungan seks.

Menyingkat diskusi, untuk menjawab pertanyaan saya yang saya buat judul, seks pra nikah sama dengan seks bebas? Jawaban saya adalah, seks bebas itu bisa dilakukan pra atau pasca menikah. Sebelum atau sesudah seseorang atau sepasang pelaku seks itu menikah. Jadi, tren yang mengatakan bahwa seks bebas hanya dilakukan oleh para remaja, itu salah kaprah.

Sekali lagi, mengulang di atas, hubungan seks itu bisa dilakukan oleh anak usia 9 tahun, 14 tahun masa SMP, SMA, Mahasiswa, Pekerja, tukang bangunan, orang rumahan dengan tetangganya, bahkan seorang pejabat dan politisi sekalipun.

Nah, itulah realitanya.

Pertanyaan selanjutnya, yang bisa kita diskusikan lebih lanjut adalah, apakah seks bebas ini akan kita biarkan begitu saja mengalir dan mengurat pada polah tingkah bangsa Indonesia? Seberapa efek negatif seks bebas? Atau ada nilai positifnya? Lalu, apa yang harus kita perbuat?

Apa pendapat kalian? –Misbah Munir–

About these ads

56 responses to this post.

  1. Ga ngaruh w harus tetep pertahanin Virgin w…………………
    biyar suami w ja yang liat.$$$$$$$$$$$$$$$$$$

    Balas

  2. Posted by Andhyta on 3 Februari 2010 at 03:19

    Apa ce. . .
    Seks bebas tu cuma bkin Qt sengsara!!
    cuma cewek goblok yg gag bz mmpertahankan k_VIRGINannya!!
    Tu khormatan Qt. . .
    Harga diri Qt yg harus dan wajib Qt jaga!!

    Balas

  3. Posted by ana on 5 Februari 2010 at 13:10

    bagi sy kehormatan n kesucian adl satu2 na pny qt sbg seorang wanita jd qt hrs bs mjg na n kl pun mw d obral ya ma suami aj yang sah d mata hukum n agama

    Balas

  4. Posted by ZWA on 13 Februari 2010 at 04:19

    kembali pada diri masing2.
    buat q,menjaga keperawanan it tanggung jwb diri sendiri!

    Balas

  5. Posted by bunda dinik on 11 Maret 2010 at 09:06

    yang paling di rugikan akibat seks pranikah…..yang jelas kaum hawa,…..jangan menjadi egois hanya untuk kenikmatan sesaat,…kalau mau main seks secara bebas, nikahlah secepatnya,,,….. memang tidak mudah, tp paling tidak kita bisa mengurangi dosa………..

    Balas

  6. Posted by lija on 14 Maret 2010 at 14:57

    itu si,tergantung kita!!!karna zaman semakin gila, jadi bagi cewek yang mw mempertahankan kesuciannya yah pertahankan ja!!!! emank si setiap manusia melakukan dosa lebih cenderung ke pergaulan bebas….

    Balas

  7. Posted by Cowo Sex on 4 April 2010 at 16:50

    (tidak semua) cewe bisany hnya ngew3 doank … jgn bnyk alasan lahhh … tinggal di kasih uang langsung ngelayanin …

    Misbah says: pro ‘Cowo Sex’, komentar ente perlu dikasih catatan ya, bahwa tidak semua cewek seperti itu…

    Balas

  8. 90 % ga perawan, tu surveinya diarea dimana?… Insya Allah di lingkungan belajar qu dulu and skrng 90% bersih&perawan.. Amin…

    Balas

  9. Posted by muhammad isasi on 11 April 2010 at 09:18

    tidak cuma cewe… cwo pun harus wajib menjaga kemaluannya

    Balas

  10. Posted by 1diR on 25 April 2010 at 01:32

    intinya semua kembali kepada diri kita masing2. selama kita masih meningat akan adanya tuhan. Insyaallah kita semua akan terjaga dari hal2 yang menyesatkan. Amien

    Balas

  11. Posted by cie cot on 11 Mei 2010 at 18:10

    seks pra nikah..??
    keren bgt tuh bhasannya…
    bukn tak hbis pikir lagi sekarang ini,namun apa yang disebut atau yang bnyak dilakukan yaitu seks pra nikah seperti sudah menjerat lapisan muda negeri ini.gak yang kota ataupun udik,pasti dah ngerasaain.
    namun bila kita tengok sejenak kebelakang,yang namanya seks itu suatu bentuk anugrah yang diciptakanNya agar supaya ciptaanNya bisa berturun temurun dan kita juga pasti tahu kalo seks pra nikah tidak hanya dilakukan remaja masa kini.dari jaman Majapahit pasti sudah banyak yang melakukan.
    tinggal kita sekarang bisa tidaknya membikin tameng pada diri kita dan pasangan untuk tidak melakukan seks sebelum kita mendapatkan buku resmi dari KUA.
    yang jelas semua balik pada kita masing2,…
    MORALISM IN OUR SELF…

    Balas

  12. Posted by imam on 15 Mei 2010 at 08:26

    aku ingin tau cara seks dengan istri sendir

    Balas

  13. Posted by itha on 15 Mei 2010 at 08:47

    yang jelas hubugan seks pra nikah,
    bisa merusak harga diri kita,baek laki2 maupun perempuan.
    bagi kaum perempuan jangan mau harga diri kita diinjak laki2…………..
    kita juga harus jaga keperawanan kita,
    harga diri kita lebih berhara dari apa pu yang kita miliki…………….
    hidup wanita2 indonesia …………………..
    OCLE

    Balas

  14. Posted by bee_bee on 17 Mei 2010 at 02:09

    Ntuh cmua ndag isa disaLahin hanya dri cici cwek jha………
    Cmua cwek pzti pengend mertahanin KhoRmtannya tpi apa kLian lupa ma kjadiaan pemerkosaan”yg terjdi pda anak remaja bahkan anak keciL tyuz kLo dy udah ndag viRgin iaw ap iaw cwek ntuh yg sLah?????????

    Balas

  15. Posted by agust on 18 Mei 2010 at 14:22

    jadi wanita tuh haruznya biza jaga diri, kalo g, ya seperti sekarang ini, wanita sudah hilang kemaluannya, ehh, 5af, rasa malu. 5ksudnya.
    jadi wanita solehan, pasti dapat jodoh yang baik.
    jangan umbar aurot lah.
    kalau g ingin sengsara sendiri.

    Balas

    • Posted by sulton on 24 Juni 2010 at 06:04

      si cew ya aja goblok di butakan degan cinta.
      lok keperawanan gx di jaga nati nikah cow ya di kado apa malam pertama ya eheheheheheh.
      tp dunia ini udah kejam 90% remaja indonesia udah ke bayakan gx perawan .
      tp enakan si cow ya jaka gx berjaka gx ketauan ehehehehe

      Balas

  16. Posted by welaaaaaaaas on 20 Mei 2010 at 08:16

    eeeehhhh ………………….. emank bnr kita hrs pinter2 ngejaga k’hormatan kita , pcran sch blh2 aja v g’ ush lah k’lwtn gt.
    waduuuuuuuuuuuuh weni kasiian bngeeeeeeed ma nasib cwe” krg.yauda keep our virgiiiiiiiiin.okeeeeeeeh

    Balas

    • Posted by irvan gilaaaa on 13 Juni 2010 at 10:04

      gx hanya cwe,cwo pun harus bisa menjaga kehormatan nya… so kita harus saling menjaga kehormatan kita bersama – sama,,, gx hanya cwe…

      Balas

  17. Posted by Erin on 25 Mei 2010 at 12:04

    yang mikir sex bebas enak,,, itu orang yang sangat bodoh,,,,,, liat situs saya.. situs ini menerangkan tentang mencari dolar di internet,,,,, dari pada ngomongin yang tidak bermanfaat,,,,

    http://weljon.wordpress.com

    salam kenal

    Balas

  18. Posted by tommy m on 25 Mei 2010 at 14:31

    dgn ttp virjin ?! selamatlah bbp orang dari dosa ok???????

    Balas

  19. Posted by rendy on 26 Mei 2010 at 09:58

    hanya ada satu kata…selama moral dari atas bejat, ya turun kebawah juga gitu…..walaupun km semua bilang tergantung kita atau tergantung gini….tetap aja tuh masih…

    menurutku ya…jgn buat ada suatu kesempatan, dlam artian pacaran yg sehat..pergi jgn ke tempat yg sepi atau rumah pas lagi sepi apel…nah itu semua pasti mengundang…sekarang kita logika aja, kalo seandainya cewe ma cowo berada dalam satu kamar g sama..dalam artian pacaran…beneran tuh mereka cuma sekedar ngobrol????atau lebih????bisa sih ga terjadi apa2????berapa kemungkinannya???plg2 cuma 10%……

    semua ini sebenarnya berawal dari kemunafikan kita sendiri, tabu untuk bicara tentang sex..alasannya ngomongnya gini dan gitu…..coba kalo dari awal semua anak tuh diajari pendidikan sex dan moral, pasti ga gini dah…nah guru2 khan selalu bilang hal ini tabu dan segala macam…..

    jadi ya kyk sekarang ini akibatnya???banyak kok orang munafik yg terjerumus juga…jadi kesimpulannya..jgn buat kesempatan untuk “HAL” tersebut lewat dipikiran kita…apalagi sekarang teknologi makin canggih..

    Balas

  20. Posted by indah on 28 Mei 2010 at 14:06

    yaa lg2 mah hrs dr masing individu dan masing2 jg hrs bs nahan ntu nafsu so maknya to smua cowo jangan bnyak nontn ‘BLUE’…………………….

    Balas

  21. Posted by ahmad ma'ruf on 29 Mei 2010 at 03:55

    makanya jangan dekati zina. bagaimanapun hal yag dilarang akan berdampak negatif

    Balas

  22. Posted by edo on 1 Juni 2010 at 20:02

    smuanya tergantung pda dri masing2………..
    ada yg bsa nhan dan ada jg yg gx nsa….
    perbanyaklah ibadah dan doa agar kta tdak dpat terpengruh..

    Balas

  23. Posted by ayoe on 4 Juni 2010 at 07:35

    mungkin…itu semua tergantung pada diri setiap perempuan itu..
    dan itu juga mungkin terkait dengan bagaimana ajaran dari peranan orang tua…
    apakah yang baik atau yg buruk..
    kalo saya pribadi.. saya masih bersyukur karena orang tua saya selalu memberi masukan2 yang positif sehingga saya tau..yang mana yg benar dan yang salah..
    dan ingat para perempuan remaja itu semua tergantung kita sendiri…
    jadi banyak berdoa pada tuhan agar dijauhkan dari itu semua…

    Balas

  24. KIAMAT SUDAH DEKAT!!!!!!!!!!!!!

    Balas

  25. Posted by rudi on 5 Juni 2010 at 15:44

    ya mungkin klo iman kwat dikatakan itu, dan jika hanya berdua di suatu ruangan iman kuwat ,tpi bgmna dgn yang lain? mungkinkah klo hanya berduia tidk melakukan sesuatu / yg jdi hal terbesar adalah kita sudah sama sama dewasa/……..

    Balas

  26. makanya belajar agama biar tidak tersesat

    Balas

  27. Posted by tata on 7 Juni 2010 at 12:58

    jangan…jangan…dan jangan…kalian mencoba hal kaya gitu…
    coz,,maap
    aku pernah mengalaminya dan sekarang hidupku sengsar abanget…
    dari dulu aku dah berusaha pertahanin kaya gt,,gak taunya,,,aku dipaksa sama cowku…
    dan sampai sekarang aku terikat banget sama cowokku itu..sampai stress banget aku ngerasainnya…
    tiap hari hanya disuruh ngelayani dia aja..
    truz kalo gak dikasih dia mau mutusin aku…gimana aku rela diputusin ma dia coba..bayangin aja,perawanku uda diambil sama dia,,dan sekarang dia manfaatin aku dari segi materi dan hasrat aja…bayangin aja gimana menderitanya aku,,,,
    sampai detik ini aku tulis…masih saja aku merasakan pendertitaan yang luar biasa…
    ingin aku mengakhiri seperti ini,,tapi aku masih mikirin banget gimana perawanku yang ilang ma dia….
    burug banget dech….
    pkknya aku cukup buad bahan pelajaran kalian….Jangan pernah mencoba hal hal yang berbau sex macam itu….maaf kalo jadi sesi curhat…
    tapi kali ini aku bener bener lagi stresss………….
    setelah tau dari peramal kalo cowokku selingkuh dan pernah melakukkan hubungan sex dengan 2 wanita lain….
    ambillah pelajaran dari ceritaku ini….
    asli sumpah,,JANGAN SEKALIPUN MENCOBA DAN MENDEKATI HAL SEPERTI ITU!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    makasih…

    Balas

    • Posted by Dhea on 10 Juni 2010 at 03:55

      ya ampuun…aku ikut prihatin,tapi saran aku kamu tinggalin ajah
      percaya kalau kita punya pasangan (sudah diciptakan) yang lebih baik dari dia, tmen ku juga ada yg ngalamin kaya gitu, tapi akhirnya sekarang dia sudah dapet pendamping hidup yg lebih baik bisa nyayangin dia…apa lagi kalau lebih dari 2 cwe kita sayangin diri kita sendiri, dari pada kena AIDS gimana??
      ” Orang yang baik akan dapat pasangan yang baik, dan laki-laki yang baik adalah yang menjaga ke prawanan kekasihnya hingga kelak ke pelaminan ” itu yang namanya cinta…bukan nafsu…
      wat kamu…sabar dan dekatkan diri sama tuhan

      Balas

      • Posted by yanti on 11 Juni 2010 at 16:22

        ehmmm q jd prhatin ma qm,,,,,,,,
        btl 2’lbh beak qm ninggalin dy 4j…ngk cmn kalian doang qo yg nglmin,tmen q jg’masih mending qm ngk hamil,cba qm byng kn,tmen q skrng lg hml 5 bln,trnyta pa cwo’a dah tunangan’and akhr’a jg dy ngk mw brtnggng jwb………………………………………………………….eh maaf ya jd curhat…
        bwt siapa pun 2’pcrn sich bleh” aja,tp jngn sampe qm ngsh k’prawanan mu 2’krna cinta yg s’snggh’a 2 tdk akn mrsk tp mnjga ………..ingt ya….jg baek2 harga dri mu……………..

    • Posted by bachtiar on 19 Juni 2010 at 15:45

      thanks
      for it

      Balas

    • Penyesalan hanya ada di belakang!! Seorang Wanita yang telah meberikan keperawanan pada pria yang bukan suaminya hanyalah wanita murahan,,!! demikian juga dengan pria Yang mau menerima wanita yang sudah ngak perawan karena Zinah!! sama@ tidak punya harga diri.. kecuali hilangnnya keperawanan karena kecelakaan itu sich ngak masalah?emang bisa ngembalikan keperawanan? uang sebesar apapun ngak akan bisa mengembalikan status perawan..Janda lebih mulia daripada wanita ngak perawan karena Zinah!! Jagalah Kehormatanmu hingga malam pertama,itu akan terasa indah untuk di nikmati..

      Balas

  28. Posted by jay on 9 Juni 2010 at 06:10

    porno is not mylife

    Balas

  29. Posted by santi on 10 Juni 2010 at 13:51

    aku dlu prnh ngalaminya,lalu aku sengsara ga ada cwo yg mau nrima aku krn ga virgin lg.Tp aku percya jdoh pasti ada,akhirnya aku sllu berdoa dan mnta maaf pdNya,tdk lama kmdian diksih jodoh seiman lg…Dan dia mau nrima aku apa adanya aku,akhirnya nikahlah kami lalu dberi anak cantik lg.kmi hidup bahagia

    Balas

    • virginitas penting banget!!!

      Balas

      • aku dulu penah punya pacar,,pada saat mau aku nikahi dia aku tanyai apakah masih perawan? dia bilang masih! setelah aku ancam jika nti ternyata sudah tidak perawan aku akan kembalikan dia ke ortunya..baru dia ngomong klo dia sudah tidak perawan dengan pacarnya. akhirnya aku putuskan untuk tidak menikahinya..karena bagaimanapun trauma itu akan ada! coba bayangkan punya istri di malam pertama sudah tidak perawan,,sudah pernah ada pria lain yang mendekap,meluk,mencumbu,menikmati keindahan tubuhnya..apakah itu tidak menyakitkan hati!!Tiap akan bercinta ingat Penis Pria lain menghuncam kmaluanya.. mungkin aku termasuk pria egois yang tidak mau menerima ksalahan wanita yang tak bisa mpertahankan keperawanannya..aku hanya bisa mengingatkan kpada para pembaca “jagalah Kehormatanmu” Baik Perjakamu ataupun Virginitasmu yang merupakan mahkota satu-satunya yang tidak bisa di ganti dengan apapun.. apa ada yang mau Jual Keperawanan?? biar aku beli mahal dech..

  30. ketika hidup ingatlah mati dan ketika berbuat dosa ingatlah ALLAH

    Balas

  31. Posted by syaifullah on 16 Juni 2010 at 18:59

    yg pada komentar dah bener blm?klo ngomongin zina, pacaran jg dah zina….so gak usah terlalu munafik bawa2 nama agama.Setau gw org klo dah pacaran, minimal pasti dah pernah pegangan tangan..itu aj dah dosa…makanya hidup menurut aturan agama…jgn agama cuma dipake buat pembenaran utk kelakuan kita, apalagi pake perbandingan seperti ini contohnya…”ah..pegangan tangan kan dosanya gak seberapa dibanding ngeseks”…..STUPID OPINION.dosa tetap aj dosa.Intinya, kembalilah pada agama..agama jgn hanya sekedr jdi pelarian kalo dah hamil di luar nikah….Tuhan jgn hanya jd tempat curhat klo lg sedih.Hiduplah menurut agama, maka gak akan ada seks di luar nikah dan gak akan ada dampak buruk dari seks diluar nkah….kalo ada yg bilang agama gak menjamin org bebas dari zina….MORE FUCKING STUPID OPINION…..klo msh terjadi jg, berarti org tsb ngejalanin agama secara setengah2 atau gak bener.Selamat berintrospeksi, semoga kita gak termasuk munafik….

    Balas

  32. Posted by bachtiar on 19 Juni 2010 at 15:43

    mungkin sebaik nya,,,,kita care terhadap orang yng kita sayangi….just it..

    Balas

  33. Posted by deny on 24 Juni 2010 at 15:35

    yang penting asyk cuy ,, salam buat smua ,,

    Balas

    • Posted by gue on 25 Juni 2010 at 08:24

      yg lbih pnting::jgalah khormtan diri sndiri & jglah khormtan orang laen,,,,,jgn smpe khormtan kita rksak cma gra” knkmtan sesaat,,,,,jgn smpe khormtan orng laen ancur gra” kita ,cuma krna knikmtan sesaat,,,,
      jglah hwa nafsu kita ,,,jgn smpe hwa nafsu kita mrugikan diri sndiri & mrugikan orang laen,,,,,

      psan dariku tuk smua (MUSLIMAT) (jgan biarkan aurat mu trlihat & jgn mmprliatkan aurat,,,,,tutuplah aurat mu,,jgn smpe da sdkitpun yg trlihat,,,,,,,)

      psanku tuk smua (MUSLIMIIN) ,( jgn mngumbar hawa nafsu mu,,,krna dpat mrugikan diri sndiri,& orang laen,,)

      ,intixa,:kita hrus bisa mnjga khormtan & mlawan hawa nafsu kita ,,,,

      lumayan capek mikirna,,,,,,,,,,,,,,,,

      Balas

  34. Posted by aratha on 25 Juni 2010 at 13:14

    kAsian dunk Laki luu gag Dpet yG msi pke segel . .
    inGad qt Cewe hRus jaga kehoRmatan ,namA baik ortu ,n Allah Swt . .

    Balas

  35. Posted by Yani17tahun on 7 September 2012 at 18:08

    aku udah kehilangan keperawananku waktu kelas 2 SMP.sampai sekarang (2 SMA) pun aku masih ML .aq dihajar nafsu.

    Balas

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 17.880 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: