Merancang dan Menyelenggarakan e-Learning: Buku Bacaan bagi Penyelenggara Pendidikan, Mahasiswa Jurusan Kependidikan, dan Pemerhati Pendidikan


Setelah UU-SISDIKNAS diberlakukan, maka semua lembaga penyelenggara pendidikan dapat dan diijinkan menyelenggarakan pendidikan dengan menggunakan alat bantu pembelajaran elektronika atau e-learning. Alat bantu yang dinamakan e-learning, sering pula dinamakan web-based learning. Pembelajaran melalui jasa web ini memang mengandalkan pada keunggulan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) atau lebih dikenal dengan nama information communication and technology (ICT).

Buku yang ditulis oleh salah Seorang Guru Besar dari Universitas Brawijaya Malang ini ditulis untuk maksud memberikan informasi yang lengkap bagaimana merancang dan menyelenggarakan e-learning, khususnya kalau cara ini diaplikasikan pada Pendidikan Jarak Jauh atau PJJ. Buku semacam ini memang belum banyak tersedia di toko-toko buku di Indonesia, karena e-Learning adalah sesuatu yang relatif baru.

Pemanfaatan e-learning melalui PJJ untuk suatu negara kepulauan seperti Indonesia ini adalah amat penting. Dengan PJJ, maka pendidikan dapat dijangkau di berbagai daerah, walaupun daerah terpencil. PJJ dapat dijangkau oleh berbagai lapisan anggota masyarakat, baik yang masih muda maupun yang sudah tua; baik oleh mereka yang kaya maupun yang miskin.

Profil Penulis

Walaupun jenjang kepangkatan Prof. Dr. Soekartawi sudah ‘mentok’ (Gol IV-e) namun ia tetap tidak bosan-bosannya berkarya. Ini adalah buku terbarunya. Buku setebal 149 halaman ini terdiri dari 6 Bab, ditulis dengan bahasa yang sederhana sehingga mudah diikuti oleh pembacanya. Buku ini diterbitkan oleh Penerbit Ardana Media bekerjasama dengan Rumah Produksi Informatika UII, Yogyakarta.

Ketika bertemu dengan saya, beliau pernah berharap agar buku terbarunya ini bermanfaat dan dapat diaplikasikan sebaik mungkin di Indonesia. Prof Soekartawi yang Guru Besar Ekonomi Pertanian/Agribisnis Univ Brawijaya itu memang menekuni e-Learning semenjak ia ditugaskan di Southeast Asia Ministers of Education Organization (SEAMEO) di Filipina thn 1996 lalu. Beliau juga pernah menerima penghargaan baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Profil selengkapnya dapat dilihat di http://www.prof-soekartawi.net/.

Selamat membaca! (Mishbahul Munir)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: