Organizational Excellence: Model Strategik Menuju World Class Quality Company


Pertengahan Mei 2008 lalu, saya menyempatkan berjalan-jalan untuk “refreshing ilmiah” dengan melihat-lihat buku terbaru di toko buku Social Agency dekat UIN Sunan Kalijaga . Sempat putar-putar lama di pajangan buku kelompok “ekonomi”, mata saya tertuju pada salah satu buku yang bersampul hitam penuh dengan bertuliskan judul buku “Organizational Excellece” dengan font berwarna putih.

Buku itu karangan Prof. Dr. Vincent Gaspersz, seorang guru besar Program Pasca Sarjana Magister Manajemen Universitas Trisakti dan seorang Doktor dari Institut Teknologi Bandung. Sempat saya berpikir, buku ini terjemahan dari buku manca negara. Rupanya saya salah, buku yang diterbitkan PT. Gramedia Pustaka Utama akhir 2007 itu merupakan karya asli berbahasa Indonesia.

Buku yang bertebal 600 halaman + x halaman depan itu mencoba menjawab mengapa sistem manajemen kinerja organisasi tidak efektif. Banyak kasus perusahaan yang telah mengimplementasikan sistem manajemen kinerja seperti ISO 9001:2000, MBNQA (Malcolm Bladrige Quality Program), Balanced Scorecard, Six Sigma, Lean, Kaizen Blitz, 5S/6S, Blue Ocean Strategy dan lain sebagainya coba dijawab penyebabnya oleh penulis.

Menurut penulis, pendekatan manajemen yang dilakukan secara acak dan parsial, tidak terintegrasi satu sama lain, menjadi akar penyebab kegagalan implementasi sistem manajemen kinerja perusahaan dan tidak memberikan dampak positif pada bottom line perusahaan.

Vincent Gaspersz, seorang profesional berkualifikasi internasional di bidang manajemen sistem industri dan kualitas, begitu dalam sinopsis disebutkan, mengembangkan model keunggulan organisasi yang dapat membantu meningkatkan profitabilitas dan produktivitas perusahaan secara dramatik. Model ini ia kembangkan secara sistemik dengan menampung teknik-teknik manajemen kinerja yang telah diterapkan oleh perusahaan-perusahaan kelas dunia dalam suatu kerangka Master Improvement Story yang terintegrasi dengan kebutuhan bisnis dan industri.

Dalam buku ini, pembaca akan mempelajari empat strategi utama, yaitu peningkatan pembelajaran dan kompetensi (bab 4), eliminasi pemborosan dan reduksi biaya (bab 5), peningkatan penjualan dan pangsa pasar (bab 6), serta peningkatan kinerja bisnis (profitabilitas dan produktifitas) pada bab 7, yang semuanya dilakukan secara terus-menerus.

Selanjutnya, secara bertahap pembaca akan dipandu menerapkan berbagai teknik manajemen kelas dunia, dimulai dari yang paling sederhana: 5S/6S, Kaizen Blitz, Lean, Six Sigma, Lean Six Sigma, Lean Six Sigma Supply Chain, hingga integrasi Blue Ocean Strategy dengan Design for Lean Six Sigma.

Sedikit catatan

Buku yang di bandrol dengan harga Rp 82.500 atau Rp 70.125 (15% OFF) ini sepertinya menjadi media promosi perusahaan bernama Vincent Foundation: Center for Lean-Sigma Quality Management. Perusahaan yang didirikan oleh penulis yang berkantor di Bogor ini beberapa kali disebut dalam beberapa kali di buku. Seperti pada halaman x terdapat satu halaman iklan perusahaan. Pada halaman 21 terdapat “catatan penting” apabila pembaca membutuhkan pelatihan atau konsultansi dapat menghubungi kontak penulis. Penulis akan meminta rewards and recognition hanya apabila perusahaan mendapatkan peningkatan profit dramatik.

Setelah membaca buku ini, saya melihat banyak gambar, table atau grafik yang berbahasa Inggris. Sepertinya, gambar-gambar itu hasil copy paste slide presentasi atau download dari internet.
Namun, di luar catatan di atas, saya sangat setuju bahwa buku ini dengan bahasa yang digunakan dan dengan sistematika yang mudah, pembaca akan mudah untuk memahami maksud penulis. Banyak juga tips dan trik yang menarik juga diberikan oleh penulis.

Anda ingin membaca? (Mishbahul Munir)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: