Sistem Terpadu Pengelolaan Kinerja Personel Berbasis Balanced Scorecard


Pada semester lalu salah satu matakuliah yang saya ambil adalah Akuntansi Manajemen yang diampu oleh Drs. Mulyadi, M.Sc., Akt. Dalam separo semester awal sebelum ujian tengah semester (mid exam), matakuliah ini banyak mengupas tentang balanced scorecard. Oleh karena itu, awal Maret 2008 lalu saya mencoba mencari buku ini, dan saya menemukan buku yang ditulis oleh Pak Mulyadi sendiri. Berikut resensi singkatnya.

Dalam sinopsisnya, buku ini mengatakan, selama lebih dari 16 tahun perkembangannya, Balanced Scorecard telah mengalami tiga fase evolusi penerapan. Pada fase pertama perkembangannya (1990-1992) Balanced Scorecard dimanfaatkan secara terbatas untuk memperbaiki sistem pengukuran kinerja eksekutif. Pada fase kedua (1993-2005) Balanced Scorecard dimanfaatkan sebagai inti sistem manajemen strategik. Pada tahap kedua ini Balanced Scorecard dimanfaatkan untuk meningkatkan secara signifikan kualitas perencanaan yang bersifat strategik.

Pada fase ketiga perkembangannya (tahun 2006) Balanced Scorecard dimanfaatkan untuk sistem pengelolaan kinerja personel (tidak hanya kinerja eksekutif, namun mencakup kinerja seluruh personel organisasi). Pada tahap ini dilakukan pengintegrasian sistem manajemen strategik berbasis Balanced Scorecard dengan sistem pengelolaan kinerja personel.

Pengintegrasian kedua sistem tersebut menghasilkan Sistem Terpadu Pengelolaan Kinerja Personel Berbasis Balanced Scorecard (Balanced Scorecard Based Integrated Performance Management System).

Buku yang ditulis oleh salah seorang dosen tetap Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada Yogyakarta ini membahas state-of-the art Balanced Scorecard, yaitu pemanfaatan Balanced Scorecard sebagai basis sistem terpadu pengelolaan kinerja personel. Pengintegrasian kedua sistem tersebut menghasilkan sistem pengelolaan kinerja yang dipacu oleh customer (customer driven performance management system). Sistem ini menjanjikan kekohesivan organisasi perusahaan untuk memasuki lingkungan bisnis turbulen dan kompetitif dan pelipatgandaan kinerja keuangan perusahaan secara berkesinambungan.

Dasar Penulisan Buku

Dalam buku yang terdiri dari xxxii halaman depan dengan 592 halaman isi ini diterbitkan oleh Unit Penerbit dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN Yogyakarta. Cetakan pertamanya pada Januari 2007. Dalam pengantarnya, Penulis mengungkapkan ada empat pertimbangan yang mendasari penulisan buku ini:

  1. Kurangnya kesadaran manajemen tentang tujuan utama perusahaan sebagai institusi pelipatganda kekayaan.
  2. Kurangnya kemampuan manajemen dalam menciptakan outstanding financial performance dalam jangka panjang.
  3. Kurangnya kesadaran manajemen tentang pentingnya sistem pengelolaan kinerja personel untuk menghasilkan kekuatan luar biasa perusahaan dalam bersaing memperebutkan pilihan customer.
  4. Kurangnya keberanian manajemen dalam melakukan eksperimen pemanfaatan balanced scorecard sebagai alat untuk membangun kemampuan perusahaan dalam menghasilkan kinerja keuangan luar biasa berkesinambungan (sustainable outstanding financial performance).

Buku ini tersusun materinya dengan baik sehingga memudahkan pembaca untuk memahami isi buku yang lumayan tebal. Buku ini layak dibaca oleh kelompok pembelajar seperti, manajemen puncak perusahaan, profesional di bidang profesi akuntan manajemen, para akademisi baik mahasiswa maupun dosen pendidik di perguruan tinggi bisnis.

Berikut adalah beberapa makalah yang dapat anda baca, silahkan unduh di sini: BSC untuk Kinerja Personel dan BSC SDA Lingkungan Hidup.

Selamat membaca! (Mishbahul Munir)

One response to this post.

  1. Posted by Levellytha on 7 Oktober 2009 at 08:40

    Pak, jika ingin membeli bukunya dimana ya, karena di Gramedia tidak ada.

    Terima kasih.

    Misbah says: Ibu Ita, selain di Gramedia, mungkin ada toko buku lain yang bisa ibu kunjungi. Kemungkinan besar di Gramedia memang stock sedang kosong. Atau bisa saja karena distributor dari penerbitnya yang telat. Semoga membantu ya.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: