Status Kerja yang Belum Jelas: Penyebab Berkurangnya Semangat Kerja Pegawai


Berdasarkan yang saya ketahui dan yang saya lihat, salah satu penyebab seorang pegawai atau karyawan sebuah institusi mengalami pengurangan semangat kerja karena disebabkan oleh status kerja yang belum jelas atau terus terkatung-katung.

Ini menjadi salah satu penyebab karena sifat dasar dan kebutuhan manusia adalah keamanan (safety). Dalam hal ini adalah keamanan akan status kerja. Bayangkan, apabila seseorang semenjak bekerja hingga lewat 2 tahun, atau bahkan sudah 5 tahun lebih, status kerjanya masih “kontrak” atau “tidak tetap” terus menerus. Si pekerja akan merasakan ketakutan-ketakutan terus menerus. Seperti takut, jangan-jangan, mendadak atau besok tidak diperpanjang kontraknya. Berarti dia harus mencari pekerjaan yang lain. Kalau kontrak terus dan dia sudah punya tanggung jawab keluarga, bagaimana dia harus menghidupi keluarganya, karena biasanya karyawan kontrak tidak mendapatkan tunjangan-tunjangan layaknya pekerja tetap, seperti tunjangan keluarga, kesehatan, dan lain sebagainya. Gaji pun relatif lebih kecil dibandingkan dengan karyawan tetap.

Tak sedikit, terkadang karyawan atau pegawai yang statusnya kontrak akan mencoba membandingkan dirinya dengan rekan kerjanya yang sudah tetap. “Buat apa saya bekerja melebihi yang tetap, kalau saya tidak jelas jenjang karirnya. Apakah kalau saya menunjukkan kinerja terbaik kemudian bisa diangkat tetap? Padahal aturan institusi tersebut tidak ada yang mengatur hal itu? Kalau begitu, saya akan bekerja sesuai dengan kinerja yang diperlihatkan oleh pegawai yang tetap. Maksimal begitu”.

Nah, bila sudah begitu, apakah tidak mungkin akhirnya si pegawai kontrak bekerja secara tidak maksimal atau ogah-ogahan untuk memperlihatkan kinerja terbaiknya?

Bagiamana menurut Anda? (Misbah)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: