Sambut Ramadhan: Tuhan, Hamba Sungguh Malu Kepada-MU


Ya Alloh, sungguh, dengan segala keheningan yang jauh dari hingar bingar dunia fana ini, hamba ingin selalu bersimpuh malu kepada Engkau. Hamba malu dengan segala kehinaan hamba. Kehinaan yang hamba lakukan yang jauh dari harapan-Mu. Sungguh, sikap, perbuatan, ucapan, tindak-tanduk hamba belum bisa cerminkan bahwa hamba mencintai-Mu.

Hamba tak kuat dengan murka-Mu. (Sungguh, tangisan pun tak cukup menahan-Nya)

Ya Alloh, kuatkah hamba menyusuri dan menjalani dengan ikhlas Ramadhan yang penuh rahmat dan ampunan-Mu itu? Kehilafan, dosa, perbuatan, ucapan yang menyakitkan orang lain, sungguh hamba mohonkan permudah untuk hamba dapatkan maaf dari mereka semua. “Engkau Maha Pengampun ya Alloh!”.

Maafkan aku wahai sahabat, teman, sejawat, musuh, orang tua, keluarga dan adik-adikku. Aku takkan mampu arungi Ramadhan tanpa ampunan kalian semua. Alloh pun tak kan mau memberikan ampunan-Nya bila kalian semua tak mau memaafkan hilafku. Hukum seberat-beratnya aku. Tampar aku! Ludahi aku! Hina aku bila itu bisa membuatmu ikhlas menerima maafku. Demi Alloh, aku bersimpuh dihadapan dan dipintu hati kalian untuk mendatkan pintu maaf.

Aku yakin dan berharap, kalian semua adalah manusia-manusia yang terpuji di hadapan Alloh karena telah dengan ikhlas memaafkanku. Terimakasih ya? Semoga Alloh swt menghadirkan Ramadhan dengan penuh cinta-Nya bagi kita semua. Amin. (Misbah)

Tinggalkan Balasan

