Metodologi Penelitian untuk Bisnis: Pertemuan 1


Semester Ganjil 2008/2009 ini saya ambil paket 6 matakuliah. Salah satu matakuliahnya adalah Metodologi Penelitian untuk Bisnis (Research Methods for Business) yang diampu oleh Bapak DR. BM. Purwanto, MBA.

Di pertemuan 1, diungkapkan perihal perbedaan arti dari metodologi dan metode. Metode adalah sebuah cara untuk menyelesaikan sesuatu. Sedangkan untuk metodologi merupakan ilmu mengenai metode. Jenis penelitian atau research dibedakan menjadi dua, yaitu basic research dan applied research.

Basic research adalah suatu penelitian yang paling dasar atau yang mengawali sebuah applied research. Sebagai contoh, ilmuan dengan segala cara, metode, usaha, biaya dan lain sebagainya mencoba mencari apa sebenarnya yang bisa membedakan antara satu orang dengan orang yang lain. Akhirnya ditemukanlah yang namanya DNA atau Deoxyribonucleic acid. Sedangkan, untuk applied research adalah penelitian merupakan aplikasi lanjutan dari basic research. Contoh, setelah ditemukan DNA, kemudian dikembangkan penggunaan DNA untuk mengidentifikasi mayat dalam kriminologi, dan lain sebagainya.

Pada pertemuan ini juga dijelaskan tentang style of thingking. Dalam hal ini disebutkan bahwa terdapat 8 sumber pengetahuan, yaitu common sense, authority & tradition, postulate, self-evident truth, science, personal experience, myth & superstition, dan case studies.

Dalam matakuliah metodologi penelitian bisnis ini akan lebih banyak di bahas tentang science dan common sense. Adapun sedikit-sedikit, tidak banyak, akan membahas mengenai personal experience, case studies, self-evident truth dan postulate. (04801)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: