Kategori Segmentasi Pasar dan Pilihan Variabelnya: Rangkuman Perilaku Konsumen


Manfaat adanya pemahaman dan kejelasan atas perilaku konsumen, sebuah perusahaan akan menghasilkan segmentasi pasar yang lebih jelas dan terspesialisasi. Berikut berbagai kategori segmentasi pasar dan pilihan variabelnya:

SEGMENTASI GEOGRAFIS (GEOGRAPHIC SEGMENTATION)
1. Wilayah (Region) –> Barat, timur, selatan, propinsi, kabupaten, kecamatan, dan lain sebagainya.
2. Ukuran Kota (City Size) –> metropilitan, kota besar, kota kecil, dsb.
3. Density of Area –> urban, suburban, exurban, rural
4. Musim (climate) –> temperatur, panas, berawan, hujan, dsb.

DEMOGRAPHIC SEGMENTATION

1. Usia (Age) –> dibawah 12 tahun, 12-17, 18-34, 35-49, dst.
2. Jenis kelamin (Sex) –> laki-laki, perempuan
3. Status pernikahan (marital status) –> single, menikah, cerai, janda, duda, dsb.
4. Pendapatan (income) –> dibawah 1 juta, 1 juta – 2 juta, 2 juta – 3 juta, dst.
5. Pendidikan (education) –> SD, SMP, SMA, Diploma-3, Sarjana-1, dst.
6. Pekerjaan (occupation) –> profesional, administrasi, pegawai negeri, militer, top manager, dsb.

PSYCHOLOGICAL SEGMENTATION

1. Motivasi berdasarkan kebutuhan (need-motivation) –> keamanan, kenyamanan, dsb.
2. Kepribadian (personality) –> extrovert, novelty seekers, agresif, inovator, dsb.
3. Persepsi (perception) –> resiko rendah, sedang, dan tinggi
4. Pembelajaran (learning) –> low-involvement, high-involvement
5. Perilaku atau sikap (attitudes) –> perilaku positif dan negatif

PSYCHOGRAPHIC SEGMENTATION

Berdasarkan pada lifestyle, aktifitas, hobi, dan opini.

SOCIOCULTURAL SEGMENTATION

1. Budaya (cultures) –> barat, Amerika, Jerman, Arab, dsb.
2. Agama (religion) –> Katolik, Protestan, Islam, dsb.
3. Ras dan etnis (subculture) –> Asia, Jawa, Madura, Sunda, dsb.
4. Kelas sosial (social class) –> tinggi, rendah, sedang, dsb.
5. Family life cycle –> bachelors, young marrieds, full nesters, empty nesters.

USE-RELATED SEGMENTATION

1. Usage-rate –> super heavy users, heavy users, medium users, nonusers
2. Awareness status –> unaware, aware, interested, enthusiastic
3. Brand loyalty –> none, some, strong

USE-SITUATION SEGMENTATION

1. Time –> leisure, work, rush, morning, night
2. Objective –> personal, gift, snack, fun, achievement
3. Location –> home, work, friends home, in-store
4. Person –> self, family members, friends, boss, peer

BENEFIT SEGMENTATION

Convenience, social acceptance, long lasting, economy, value-for-the-money

HYBRID SEGMENTATION

1. Demographic/psychographic –> kombinasi demographic dan psychographic
2. PRIZM NE (Geodemographics) –> movers & shakers, new empty nests, boomtown singles, bedrock america
3. SRI VALS –> innovators, thinkers, believer, achievers, strivers, experiencer, makers, survivors

sumber: Schiffman and Kanuk. (2007). Consumer Behavior, 9 edition, Pearson International Edition.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: