Perekonomian Dunia dan Indonesia: Awal Tahun 2009 Akan Terjadi Resesi Ekonomi


Banyak para pengamat, ahli, dan komentator ekonomi yang tak menduga bahwa Amerika Serikat dapat dihantam krisis ekonomi akibat perdagangan instrumen keuangan yang tidak riil. Awal mulanya krisis ekonomi Amerika (yang akhirnya menjadi krisis global), berawal dari investasi yang dilakukan institusi-institusi keuangan Amerika dalam subprime motgage (surat hutang, dimana keuntungan dan pengembalian pokok investasinya sangat ditentukan dari kelancaran kredit perumahan dari nasabah perbankan).

Belajar dari pengalaman krisis tahun 1997-1998, benar-benar ambruknya perekonomian sudah ditandai berbagai ‘peringatan dini’ sebelum akhirnya 6 bulan kemudian terjadi resesi ekonomi, tidak sekedar depresi. Untuk Indonesia, kali ini, akan mengalami resesi ekonomi kembali sekitar awal hingga pertengahan tahun 2009. Diperkirakan, kurs dolar terhadap rupiah akan berada pada titik terendah, yaitu sekitar Rp 16.000 per dolar. Kondisi ini akan diperparah dengan keadaan perpolitikan nasional yang sungguh ‘tidak demokratis’. Banyak tokoh atau konglomerat Indonesia yang semula sanggup dan berkomitmen mem-backup para politisi itu akan melarikan diri atau seadanya dalam melakukan dukungannya.

Dapat dipastikan, dalam pemilu 2009, baik pemilu legislatif maupun presiden dan wakil presiden, yang akan memenangkan pemilihan adalah yang uangnya berasal dari konglomerat dunia yang memiliki uang cash, dan bukan konglomerat Indonesia.

Mari kita lihat saja nanti dan buktikan. Bagaimana menurut Anda? (mishbahul munir)

One response to this post.

  1. Posted by haryopamungkas on 18 Februari 2009 at 11:42

    Benar mas…
    Untuk langkah progresifnya, kita perlu menyiapkan fundamental keuangan keluarga terlebih dahulu. Safe money dalam bentuk emas atau di bank syariah.
    Selain itu, situasi pasca kebijakan stimulus ekonomi di AS pasti akan membuat Rupiah semakin terpuruk. percayalah…

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: