Politikus Bangkrut vs Politikus Kaya


Beberapa informasi dari sumber yang dapat dipercaya, saya dapatkan beberapa waktu lalu. Yaitu informasi terkait beberapa politikus yang bangkrut mendadak karena salah strategi mengurus persiapan pencalonannya. Politikus yang bangkrut pertama adalah Sutrsutrisno-bachirisno Bachir, politikus Partai Amanat Nasional (PAN) yang punya slogan “hidup adalah perbuatan” itu. Detiknews.com menyebut dia rugi Rp 3 Miliar dalam perdagangan bursa saham yang diimbas oleh krisis Amerika beberapa waktu lalu.

Dari sumber yang saya dapat, Sutrisno sebenarnya rugi sekitar Rp 6 Miliar lebih. Dia juga dikatakan salah strategi dalam promosi dan publikasi besar-besaran yang dia lakukan beberapa waktu lalu, dalam mempromosikan “hidup adalah perbuatan”. Kini, dapat dipastikan, selama dia tidak mendapat dukungan dari pihak lain atau rekan manca negaranya, maka, dijamin, 2009 dia bakal tak segencar kemaren dalam berkampanye.

Politikus lain yang mengalami bangkrut adalah Dede Yusuf, si wakil Gubernur Jawa Barat sekarang. Dia menjual banyak aset yang dia miliki ketika mempersiapkan pencalonannya. Namun, hal ini akan segera kembali dalam waktu setengah tahun mendatang, karena dia telah resmi terpilih. Politikus lainnya adalah Rizal Malarangeng. Kebangkrutan dia karena dia sendiri yang membiayai iklan-iklannya di beberapa media selama ini. Dia juga sedang menghadapi konflik dengan beberapa rekan dan keluarganya berkait pencalonannya menjadi calon presiden independen. Ada lagi yang bangkrut adalah Abu Rizal Bakrie, yang pernah menjadi orang terkaya di Indonesia dengan kekayaan RP 56 Triliun, saat ini tinggal sekitar 15 Triliun saja, selain karena kebutuhan politiknya, dia juga didera masalah salah satunya Lumpur Lapindo.

Nah, selain ada yang mengalami kebangkrutan, ada juga politikus yang sedang mendapatkan dana segar. Salah satunya adalah purnawirawan Letnan Jendral Prabowo. Dia baru saja menjual beberapa aset luar negerinya sekitar Rp 20 triliun. Dia menyiapkan Rp 3 Triliun untuk pencalonannya tahun 2009 esok. Yang lain lagi adalah SBY, Sultan, dan Jusuf Kalla, mereka ini menang strategi karena cerdas memilih momentum dalam mengiklankan diri. Untuk calon lain, seperti Mega, dan lain sebagainya masih sedang saya cari informasinya. Tunggu saja laporan berikutnya. (Mishbahul Munir)

2 responses to this post.

  1. Hidup SBY!

    Balas

  2. Posted by kusmindar km on 14 April 2009 at 10:11

    buat mas SB, kami mau urunan kalau maju RI 2.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: