oleh-oleh pulkam: berbagai jenis pengendara yang buat emosi dan celaka!


bukan saya yg motretKetika saya pulang kampung (pulkam) pada tahun baru 2009 ini, ada salah satu pelajaran yang bisa saya share di sini, yaitu berbagai jenis pengendara dengan kendaraannya yang membuat emosi saya selama dalam perjalanan dari Tuban ke Yogyakarta. Perilaku ini juga yang hampir membuat saya ‘kecelakaan’ (semoga tidak terjadi selamanya pada saya. amin) atau yang bisa mengakibatkan kecelakaan lalu lintas. Berikut ini:

1. Tidak peduli dengan rambu-rambu lalu lintas. Contoh: sudah jelas lampu sudah kuning atau apalagi sudah merah, tak mau berhenti. Waduh, saya diseruduk dari belakang sama penunggang motor yang nekad ini. Untunglah, dia sendiri yang jatuh dan motor saya tidak apa-apa. Beruntung juga saya diam saja, cuman tak lihat ketika dia kesakitan :)

2. Mau belok mendadak langsung belok. Perilaku jenis ini membuat kaget saya berkali-kali (kalau tidak salah hitung: 6 kali). Mungkin lagi pada belajar kali mereka. Sudah begitu tak pakai lampu tanda belok kanan atau kiri lagi. Saya harus ngerem mendadak gara-gara pengendara yang begini. Mikir dong, kasihan yang belakang Anda. Lihat-lihat dulu kek! Kalau memang mau belok yang dikira-kira dari awal, tengok kanan kiri di spion atau lihat langsung ke belakang, nyalakan lampu tanda mau belok sebelum 75 meter, baru silahkan belok.

3. Lampu rem belakang yang diganti atau dihilangkan warna merahnya jadi warna putih. Ini mengganggu sekali mata dan pandangan pengendara belakang. Mau gaya ya jangan celakakan orang lain.

4. Nyebrang tapi tidak hitung dengan tepat, pada jalur yang cepat, padat, atau lambat dan sepi. 3 kali saya kelabakan dan ngerem mendadak gara-gara pengendara kayak ini. Sudah tau jalur Solo-Jogja itu jalur dengan kecepatan rata-rata lebih dari 80 km/jam, tapi nylonong potong jalur dengan jarak saya hanya sekitar 20 meter. Ngawur tenan!

5. Gak bisa pakai jas hujan dengan baik. Banyak yang tidak mikir, jas hujan dipakai menutupi lampu belakang dan lampur depan. Waduh, ya jelas gak kelihatan sama sekali kalau ada motor. Buat kaget orang saja! Untuk sama-sama kecepatan rendah!

6. Ngecek atau pakai handphone dijalan, baik mobil atau motor. Ini ngawur buanget! Pembaca tau sendiri deh efeknya bagaimana.

7. Boncengan dengan pacar dan ngobrol. Waduh, pokoknya jalan kayak milik berdua deh!

8. Merokok sambil berkendara. 2 kali saya kena abu rokok atau puntung rokok yang dibuang sembarang oleh pengendara mobil. Asal buka kaca, langsung buang. Walaupun saya perokok, jadi benci juga saya orang yang begini nih! Untung saya tidak pernah buka kaca helm.

9. Bagi pengendara motor atau mobil yang kacanya tembus pandang, jangan pernah bawa cewek cantik buanget dan dandan dengan ‘kain kurang bahan’, karena dapat dipastikan akan mengalihkan pandangan dan perhatian para cowok. Bagi lelaki, Anda tahu kan maksud saya? Hehe…

10. Oh iya, satu lagi, bagi pak polisi, Anda penegak hukum yang harus bisa jadi panutan. Jangan karena alasan buru-buru atau tugas, ya jangan ngawur dong berkendaranya. Saya melihat 2 kali polisi ada yang ngerem mendadak dan melewati garis stop. Ngebutnya juga gak karuan dan pakai aturan. Ngawur!

Gimana menurut Anda? (Misbah)

8 responses to this post.

  1. Posted by shesharina on 6 Januari 2009 at 08:09

    betuuuullll… setujuuuuuu…

    Balas

  2. woooooooooooY…
    Celengan nya kurang gedeeeeeeeee, bolee ntuh…

    Balas

  3. Posted by zap on 22 Mei 2009 at 23:55

    Cah Pamayu yo kw..??

    Misbah says: Yup, betul mas. Anda Pamayu cabang mana? Salam kenal.

    Balas

  4. Posted by dalban on 25 Mei 2009 at 03:36

    memang,polisi kita botol alias bodo dan tolol.

    Balas

  5. Posted by Crow on 26 September 2009 at 20:05

    kni misbah papringan bukan?

    Balas

  6. Posted by Crow on 26 September 2009 at 20:06

    ney misbah papringan bukan?

    Misbah says: Yoi, betul bos. lalu ini siapa?

    Balas

  7. Posted by sumanto on 12 Maret 2010 at 17:54

    emang betul…. polisi lagi nilang gayanya kayak yg ngerti hukum.
    tp sewaktu dia naik motornya sendiri gak tau hukum…
    1. gak pake helm
    2. ngebut
    3. zig-zag
    4. knalpotnya aduhhhh ributttt
    5. naek motor sambil smsan,.,,,

    Balas

  8. Posted by aca on 16 Maret 2010 at 12:00

    no. 9 gak relevan karena itu sih terserah cweknya mau pakai baju apa, buat lelaki yang matanya teralihkan ya mereka ga tahan nafsu aja, pilih nafsu melihat wanita daripada nyawa. sehingga tidak relevan. kalau no. 1-8 dan 10 masuk akal

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: