seruan memboikot produk Amerika dan Israil: untuk apa dan benarkah bisa?


Hari ini saya dapat message hampir senada lewat Yahoo! Messenger, email, friendster, dan facebook saya. Pesan tersebut mengajak saya untuk menyerukan dan melakukan boikot atas produk-produk yang asalnya dari Amerika dan Israil. Alasan utama mereka adalah bila kita membeli produk mereka berarti kita membantu dan mendukung perang yang dilakukan Amerika dan Israil selama ini dan mendatang. “Satu rupiah, satu peluru”, begitu istilahnya.

Mari, saya ajak anda semua untuk mencoba berfikir logis mengenai hal ini. Pertanyaan mendasarnya adalah, untuk apa memboikot produk-produk tersebut? Bisakah masyarakat Indonesia tidak membeli berbagai produk tersebut? Ataukah, setelah membaca seruan ini kemudian mereka serta merta membuang handphone Nokia atau baju Calvin Klien, Tommy Hilfiger, Hugo Boss, mereka? Apakah setelah seruan ini digencarkan, Carrefour, Mc Donalds, Starbucks, dan bioskop teater 21 lalu sepi? Bayi-bayi Indonesia tidak minum susu Nestle dan tidak memakai sabun Johnson-Johnson lagi? Yang punya komputer yang bermerek Intel dicopoti? Lalu, tidakkah ini akan berakibat makin terpuruknya ekonomi Indonesia?

Saya tidak menyalahkan bagi Anda yang menyerukan pemboikotan ini. Apalagi melarang Anda! Jelas tidak!

Saya hanya mengajak Anda berpikir logis dan bertindak secara kritis serta penuh perhitungan. Kalau ingin bersimpati atas perang di Gaza Palestina, Irak, dan lain sebagainya, ya, yang realistislah. Hitung kemampuan dan kemungkinan hasil usaha yang telah kita perbuat. Selain agar tidak sia-sia semua tindakan kita, juga agar tidak dimanfaatkan oleh beberapa partai politik yang sedang mempersiapkan diri dalam menghadapi Pemilu 2009.

Berikut link daftar produk-produk Amerika dan Israil, silahkan klik di sini. Semoga bermanfaat. (Misbah)

One response to this post.

  1. Posted by oedi on 19 Januari 2009 at 06:10

    sepakat sekali…
    bagaimana kita mau memboikot amerika dan israel??? sedangkan produk komputer dan software yang digunakan oleh sebagian besar orang yang menyerukan boikot itu adalah produk amerika dan israel (yahudi) itu sendiri. Contoh mudah; Mereka mengetik dan mengeprint tulisannya dengan menggunakan produk-produk amerika. “apakah sebenarnya itu tidak munafik namanya???”
    jadi sebaiknya kita mengoreksi diri terlebih dahulu baru menyimpulkan apa yang terbaiknya untuk dilakukan kedepan…agar tidak “ngawur” nantinya…

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: