naik turunkan harga BBM: strategi jitu publisitas SBY


Pada hari-hari terakhir ini, masyarakat mulai dibombardir publikasi iklan SBY atau Susilo Bambang Yudhoyono bersama pegiat partai Demokratnya. Selain yang bermuat ajakan melawan dan memberantas korupsi, yang lebih mengena di masyarakat adalah iklan yang berbunyi “dalam sejarah Indonesia, baru SBY yang bisa menurunkan harga BBM”. Iklan ini tak hanya muncul di poster maupun baliho berbagai kota, bahkan sudah tayang di televisi nasional.

Saya menilai, ini adalah strategi jitu dari SBY dan Demokrat. Walaupun masyarakat secara umum (terutama masyarakat awam, bukan yang berpendidikan) tidak dijejali iklan, telah banyak dari mereka yang berpendapat bahwa “SBY ini hebat ya bisa menurunkan BBM”. Kemaren, hari Minggu, ketika saya pergi ke Klaten, ke tempat seorang teman, saya sempat pergi ke warung untuk membeli rokok. Di sekitar warung orang sedang nongkrong dan ngobrol soal pemerintah. Salah satu pembicaraannya seperti ini, “SBY pasti terpilih, lha wong dia itu satu-satunya presiden Indonesia yang bisa menurunkan BBM. Kalau presiden lain bisanya cuman naik, naik, dan naikkan saja harga BBM”.

Begitulah, memang, seorang politisi yang bisa dan jitu dalam memanfaatkan kekuasaannya. Ketika awal hingga pertengahan masa pemerintahannya, SBY tak segan-segan menaikkan harga BBM, walaupun momentumnya kurang tepat karena masyarakat sedang mengalami banyak kesulitan akibat krisis dan SBY mendapat kecaman dari banyak pihak, bahkan demontrasi yang besar-besaran. Saya yakin, bahwa inilah tujuan SBY, ingin menurunkan harga BBM pada momentum yang tepat karena Pemilu kurang dalam beberapa bulan lagi.

Inilah politik! Siapapun harus dikorbankan untuk kesuksesan dirinya dan kelompoknya sendiri. Masyarakat memang benar-benar harus jitu dalam memilih pemimpin yang tulus ingin dan dapat mensejahterakan rakyatnya. Bagaimana menurut Anda? —Misbah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: