pemeringkatan Webomatrics perguruan tinggi: butuh dukungan para ahli & pakar pada tiap prodi masing-masing


Selain dengan kata kunci (keywords) seperti yang saya sampaikan di tulisan sebelumnya, satu hal lagi yang perlu diperhatikan dalam mengejar pemeringkatan Webomatrics untuk sebuah lembaga, khususnya perguruan tinggi adalah dukungan penuh dari seluruh sivitas akademikanya, terutama para ahli, pakar, atau ketenaran para Dosen, Mahasiswa atau bahkan para Karyawannya, jika ada.

Jadi, tak bisa dipungkiri dan saya yakin bahwa pada setiap prodi (program studi) atau jurusan yang dimiliki sebuah universitas pasti memiliki satu atau dua bahkan banyak peneliti dan akademisi yang memang pakar di bidangnya masing-masing. Ketika mereka menghasilkan sebuah penelitian, hasil pengamatan kondisi ekopoleksosbudhankam masyarakat, dan masyarakat umum membutuhkan informasi hasil penelitian tersebut, maka informasi ini wajib dimuat (publish) di website perguruan tinggi atau universitas tersebut. Jika memiliki humas yang ‘cerdas’, kerjasama antara para pakar dan humas bisa menjadi sinergi yang bagus untuk publisitas perguruan tinggi, baik melalui website maupun media lainnya.

Sebagai seorang pakar atau ahli yang hebat, sudah seharusnya dia harus siap setiap saat untuk memberikan kontribusi atau komentar terkait berita terhangat dan fenomena yang terjadi di masyarakat. Tak perlu menunggu dan mengandalkan Humas, penjaga gawang website, atau wartawan datang dan menghubungi untuk meminta pendapat. Beliau harus segera dan siap dengan sigap membuat resume komentarnya. Setelah itu, komentar atau pendapat ahli tersebut dapat dikirimkan ke PIC website, humas, atau langsung ke media massa yang ada untuk dipublish. Ini harus berlaku universal dan menjadi kesepakatan tak tertulis pada seluruh pihak di perguruan tinggi tersebut. Dan, saya yakin, hal ini akan mempermudah dan memberikan daya dorong yang sangat positif bagi kemajuan publisitas sebuah perguruan tinggi.

Semoga bermanfaat. —Misbah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: