Pemilu 2009: harus berani punya visi yang tak populer tapi realistik dan penuh optimisme


Pagi ini saya melihat berita di TV, rutin seperti hari biasanya. Jika ku perhatikan, dalam bulan-bulan awal 2009, berita yang sedang dan makin hangat adalah mengenai persiapan dan polemik politisi yang turut dalam Pemilu 2009, baik legislatif maupun presiden. Cara mereka sudah mulai aneh-aneh.

Ada yang suka ngoceh, caranya adu mulut. Lontar statement ini dan itu, serampangan. Ada yang suka buat suasana panas mendadak dengan sindir sini sindir situ. Tak hanya sindiran, blak-blakan pun berani. Ada yang nampil di kamera wartawan. Kalau sempat gak dipanggilkan wartawan, bisa ngamuk dia. Sang ajudan bisa didamprat habis! Ada yang suka tebar pesona. Main ke sekolah, berkunjung ke nelayan, nengok orang miskin (walaupun cuman 1 tempat). Ada yang sudha curi start dengan membentuk perkumpulan dan organisasi kemasyarakatan ini dan itu. Karena mayoritas rakyat Indonesia adalah petani, maka dibuatlah 0rganisasi petani. Ada yang sedang suka klayapan, ke sana sini, cuman untuk dapat muka salah satu partai agar dia ‘dipakai’. Yah, cari tumpangan lah. Pokoknya aneh-aneh deh.

Nah, satu hal penting yang saya perhatikan seksama adalah, belum ada yang dengan serius dan dengan cermat membuat visi, misi, dan program yang realistik yang bisa menjawab masalah bangsa. Mereka seperti berpandangan ciut, yang kira-kira bisa ngetrend saja yang dia gencar habis-habisan publikasinya. Pada kesempatan ini, saya ingin menyampaikan bahwa, mari para poli-tikus seriuslah dalam Anda berjanji pada rakyat. Buatlah visi, misi dan program Anda lebih realistik dan tak perlu populer sekaligus, serta tentunya harus komprehensif.

Saya sangat yakin, bahwa Anda punya tim yang tangguh untuk melakukan analisis yang cermat dan tepat atas masalah bangsa. Anda juga dipastikan punya orang hebat yang bisa diandalkan kepakarannya. Buatlah kami, rakyat ini, paham dan membutuhkan solusi Anda, tak hanya janji belaka. Jika Anda tidak bisa membuat program yang baik, berarti Anda tidak tahu problematika bangsa Indonesia. Buat apa kami memilih Anda jika begitu?

Ingat, untuk menyelesaikan sebuah masalah diperlu sebuah analisis yang cermat, identifikasi masalah yang tepat, dan berani melakukan pilihan solusi yang telah dipilih. Hasil eksekusi atas program Anda, akan membuktikan Anda yang sebenarnya. Jadi, tunjukkan bahwa Anda semua adalah orang cerdas dan berhati nurani. Bukan sekedar orang kaya, terkenal, tapi sadis!

Bagaimana menurut Anda? –munir–

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: