buku saku profil dan program: tips untuk parpol peserta pemilu dan calon yang mewakilinya


Walaupun saya agak apatis (bahkan inginnya golput saja) dengan pemilu dan hasil para politikus yang terpilih kelak, saya tetap ingin ada sesuatu perubahan yang baik bagi bangsa Indonesia pada hari esok. Setelah golput difatwakan haram, bagaimanapun, para politikus yang menjadi calon yang mewakili partainya harus tetap berpikir positif, melakukan strategi terbaik, dan melakukan serta berjanji akan berbuat yang terbaik bagi bangsa Indonesia.

Nah, pada kesempatan ini, saya ingin mengusulkan pada partai politik (parpol) dan para calonnya, untuk melakukan publisitas terbaik dengan cara-cara yang lebih santun dan lebih bermakna bagi masyarakat pemilihnya. Salah satunya adalah dengan membuat buku saku profil dan program mereka masing-masing. Buku ini kemudian dibagikan pada masyarakat di daerah pemilihan (dapil) mereka secara merata. Tidak harus orang perorang, tapi cukup mungkin dengan 1 rumah 1 buku saja.

Buku ini berisikan, minimal: (1) profil lengkap partai beserta calon orang perorang; diantaranya: nama lengkap, foto, alamat, pusat informasi, riwayat pendidikan, riwayat pekerjaan, profil keluarga, riwayat catatan kriminal jika ada, karya dan lain sebagaina –seperti membuat curriculum vitae; (2) visi, misi, dan program sedetil-detilnya dari masing-masing partai atau calonnya; dan (3) kontrak sosial atas parpol dan diri para calon jika nantinya terpilih. Bisa ditambahkan berbagai hal lain jika ada dan dibutuhkan sesuai kebutuhan masing-masing parpol.

Saya yakin, biaya produksi buku ini lebih murah dibandingkan dengan pasang baliho besar di jalan atau titik-titik sentral masing-masing kota. Baliho hanya bisa menampilkan nama calon, fotonya, dan nomor urut saja. Biayanya bisa ratusan juta perbulan. Belum lagi program seperti peng-aspal-an kampung, atau sebar uang mentah langsung ke calon pemilih. Nah, buku ini, selain murah, saya bisa jamin bahwa efektifitasnya lebih tinggi, dan efisien dari segi biaya. Ketika membagikan buku-buku itu, tim sukses atau calonnya juga bisa langsung berinteraksi dengan masyarakat. Masyarakat juga bisa tahu lengkap akan segala hal yang berkaitan dengan parpol dan calon yang harus mereka pilih.

Jadi, silahkan dicoba dan buktikan. Bagaimana menurut Anda? —misbah munir

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: