hati-hati: tahun ini, tahunnya air


Tahukah Anda bahwa tahun ini (2009) tanggal 1 Suro dalam penanggalan Jawa, harinya adalah Senin Legi? Tanggal yang pasti bertepatan dengan 1 Muharram dalam penanggalan Islam itu, jika dimaknai oleh para sesepuh Kejawen atau ahli penanggalan Jawa, artinya adalah “air”. Senin itu unsurnya “air”. Legi juga unsurnya “air”. Percaya atau tidak percaya, cukup kita perlu berhati-hati saja dengan ‘air’.

Tahun ini baru berjalan sekitar 2 bulan, kita bisa melihat begitu dahsyatnya bencana yang diakibatkan air melanda berbagai daerah di Indonesia. Curah air akan kian meningkat. Semua bencananya berunsur air. Adanya longsor juga karena air. Kecelakaan bis karena jalan licin juga disebabkan oleh air. Tenarnya Ponari, si dukun cilik dari Jombang juga dengan perantara air. Angin puting beliung, hujan lebat, banjir, lumpur, lahar gunung berapi, naiknya tinggi gelombang laut dalam lingkup regional dan lokal, akan makin meningkat intensitasnya. Pencemaran dan wabah penyakit, seperti flu burung, malaria, dan demam berdarah juga karena kelembaban yang berunsur air.

Yang mengatakan ini bukan saya. Sekali lagi ‘bukan saya‘. Tapi beliau-beliau yang sangat saya hormati, para sesepuh kejawen di berbagai tempat di Jawa ini. Saya hanya menuliskan untuk menjadi perhatian agar kita lebih berhati-hati. Boleh percaya atau tidak. Semua silahkan saja. Kita buktikan saja. Semoga bermanfaat. —Misbah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: