benarkah melek website pengaruhi bahasa dan media cetak Indonesia?


Mau tidak mau, sekarang media massa khususnya cetak harus kian inovatif dalam melayani konsumennya. Selain kian mewabah dan meleknya masyarakat Indonesia akan teknologi website, media cetak terancam juga akan punah karena kampanye hidup go green. Koran yang berbahan kertas asalnya adalah dari pepohonan. Berapa pohon dalam sehari yang harus ditebang untuk mencetak koran di Indonesia?

Selain itu, dengan adanya website ini, disinyalir kian melunturkan minat berbahasa yang baik dan benar dalam penggunaan bahasa Indonesia. Adanya blog membuat orang bebas menuturkan ide dan karyanya dengan bahasa mereka sendiri. Sedikit sekali orang yang mau memerhatikan tata bahasa yang baik dan benar untuk bahasa Indonesia. Bahkan, jika dilihat di berbagai situs laman atau website online media massa (yang juga memiliki versi cetaknya) gaya penulisannya sudah dituntut untuk kian efisien dalam kata. Berita dituntut untuk sesingkat dan sesedikit mungkin dengan tetap dapat menyampaikan informasi, berita, fakta yang terjadi.

Dalam artikel yang ditulis oleh Ninok Leksono, dalam buku “Kompas: Menulis dari Dalam” juga mengupas terkait hal ini. Semua media cetak sudah harus ancang-ancang untuk mendigitalkan atau membuat versi yang sesuai dengan kemajuan teknologi informasi saat ini. Koran cetak sudah bersaing dengan news yang bisa diakses dengan reg xxxx dari handphone siapapun. Mungkin saja saat ini, bisa dikonfirmasikan, bahwa, pembaca www.kompas.com akan lebih banyak dibanding dengan yang versi cetaknya. Dan media lainnya juga mengalami tren yang sama. Segmentasi pasar media cetak akan kian bergeser. Tinggal bagaimana pengelola media tersebut akan menyiasatinya.

Bagaimana menurut Anda? —misbah munir

2 responses to this post.

  1. bernakah? bisa ya bisa tidak :mrgreen:

    Balas

  2. hehe.. tergantung semangat dan jalan yang ditempuh oleh para pengelola media mas Cahyo. terimakasih.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: