iklan terselubung: promosi yang berkedok ucapan selamat dari para pejabat publik


Pernahkah Anda mendapatkan atau memerhatikan sebuah iklan yang isinya ucapan selamat dari para pejabat publik di Indonesia atas kesuksesan sebuah produk? Apakah dapat mempengaruhi atau mengalihkan perhatian Anda? Memberikan kesan positifkah kepada Anda akan produk tersebut? Bolehkah etika periklanan atas iklan yang beginian?

Iklan yang seperti ini, jika kita lihat seksama, yang terbaru adalah iklan ucapan selamat atas kesuksesan Koran Harian Seputar Indonesia atau Sindo. Ucapan ini disampaikan oleh mantan Ketua Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) Taufiequrrachman Ruki, dan Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI) Erry Firmansyah.

Iklan lain, yang terbungkus lebih rapi, adalah Lingkaran Survei Indonesia yang terkenal dengan Quick Countnya itu. Hampir semua Gubernur, petinggi partai di Indonesia pernah jadi endorsernya.  Kalau tidak salah, Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat yang juga Presiden RI juga pernah. Ketua DPD Golkar yang juga Wakil Presiden RI juga mampang wajahnya. Hampir semua media menampilkan iklan ini.

Pertanyaan saya adalah, etiskah sebuah iklan yang endorser atau bintang iklannya diperankan oleh pejabat publik seperti Gubernur, Direktur sebuah lembaga yang seharusnya netral? Atau bahkan Presiden dan Wakil Presiden juga ikut-ikutan? Nah, menurut yang saya baca dalam berbagai literatur terkait pemasaran khususnya periklanan, seharusnya para pejabat publik tidak boleh menjadi endorser atau bintang iklan sebuah produk. LSI adalah lembaga yang menjual jasa penelitian atau surveinya.

Memang, tidak bisa dipungkiri akan keberhasilan iklan yang seperti ini. Hasilnya pun dijamin pasti akan menaikkan dengan cepat popularitas produk tersebut. Jelas-jelas, siapa yang tidak kenal dengan para pejabat tersebut? Nah, bagi para pengiklan atau pemilik produk, mohon berikanlah contoh yang baik dan etislah dalam beriklan. Bagi para pejabat, jangan mau dong dimanfaatkan oleh pengiklan. Atau Anda butuh duit juga? Mau numpang popularitas produk tersebut? Atau Anda mau bersaing dengan para artis yang memang ditakdirkan untuk konsumsi media dan bekerja memang untuk duit. Para pejabat, yang saya hormati, ingatlah bahwa Anda adalah pelayan rakyat! —munir

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: