inilah resiko jadi jurnalis, akan ada ‘ancaman’ sebagai resiko sebuah fakta dan kebebasan opini


Pernahkah Anda membayangkan atau bahkan merasakan bagaimana diintimidasi dan mendapatkan beragam tekanan atas apa yang kita sampaikan atau kita tulis? Apa yang kita beberkan tidak selalu disenangi atau disetujui oleh orang lain?

Kita sebagai seorang jurnalis atau wartawan atau reporter atau semacamnya, ingin memberikan informasi yang komplit dan fakta maupun berbagai data yang dibutuhkan oleh masyarakat luas. Atau sebagai seorang penulis atau pengamat, kita harus memberikan opini yang tepat dan jitu serta tidak mengada-ada.

Banyak kasus yang membuktikan, bahwa tidak ada kebebasan informasi di Indonesia. Udin, wartawan Bernas Yogyakarta, salah satu contohnya. Dia hilang dan tak jelas jasadnya hanya untuk sebuah kevalidan informasi. Kebebasan berpendapat serasa dikekang dan dipenjara tanpa aral yang jelas.

Di sini, kita sebagai blogger, juga mempunyai kebebasan yang sama untuk menyampaikan informasi, fakta dan opini kita dalam berbagai hal, bidang, atau apapun di Indonesia ini, bahkan di dunia ini.

Sebagai tukar pengalaman saja, sebagai seorang jurnalis, tak jarang dan pernah saya mendapat ancaman, intimidasi, dan justifikasi dari orang atau lembaga yang menyatakan dirinya berhak mengadili dan menghakimi saya. Semoga saja, semua blogger di dunia ini tidak akan mendapatkan kejadian yang sama! Saya menganggap para blogger adalah ‘layaknya’ para penulis dan jurnalis. selamat berjuang para blogger! —munir

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: