KKN-ku: penempatannya di Sleman dengan tema pendidikan pemilih dan pemantauan pemilu 2009


Wah, akhirnya, dengan segala perjuangan dan segala ‘jurus’ merayu ku keluarkan, saya mendapatkan penempatan KKN atau Kuliah Kerja Nyata di wilayah Sleman. Tapi belum jelas juga, antara daerah Cangkringan atau Prambanan.

Menurut Panitia KKN PPM UGM, pengumuman selengkapnya akan diumumkan pada tanggal 13 Maret esok. Rabu, 11 Maret lalu saya mengikuti pembekalan dan general test dari jam 08.00 hingga 17.30 WIB. Sungguh-sungguh membosankan sekali. AC atau pendingin ruangan di Ruang Sidang LPPM UGM, ketika itu dingin sekali, padahal kondisi saya saat itu sedang flu berat. Tak ayal, sekarang pun saya masih menanggung flu yang kian menggila. Tapi tak apalah. Banyak ilmu juga yang saya dapat dalam pembekalan tersebut. Semoga saja hasil general test saya mendapatkan nilai bagus, sehingga menambah 10% untuk nilai akhir KKN saya.

Dalam pembekalan kemaren, ada 10 pembicara dengan 10 materi yang berbeda. Istirahat pun cuman skitar 30 menit. Karena tidak diberi minum atau snack apalagi makan, akhirnya mahasiswa harus cepat mencari makan keluar gedung Rektorat UGM agar tidak telat kembali ke ruangan pembekalan. 10 materi tersebut antara lain: filosofi dan falsafah KKN-PPM, etika pergaulan dalam pergaulan KKN-PPM, pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan, operasional dan monitoring KKN-PPM, penyusunan pelaporan KKN-PPM, keselamatan dan kesehatan kerja (K3) mahasiswa KKN-PPM, asuransi mahasiswa KKN-PPM, undang-undang pemilu 2009, berbagai pelanggaran pemilu, pemantauan dan pelaporan pemilu. Lengkap deh pokoknya hari itu…

Menurut panitia, penerjunan KKN angkatan saya akan dimulai tanggal 30 Maret esok. Khusus bagi kami, yang sudah kerja, diberikan jadwal khusus 6 jam perhari untuk masuk kerja. Itupun jika dimanfaatkan dengan baik. Yah, saya sih berharap semoga KKN saya bisa berjalan dengan baik dan nilainya juga terbaik. Amin. Mohon doa Anda semua ya…

Berikut jadwal, pembicara, dan materi pembekalan KKN PPM UGM yang saya ikuti kemarin (klik disini). Adapun ploting penempatan per wilayah dapat diunduh di sini. Dan, jadwal pengarahan oleh Dosen Pembimbing Lapangan dapat dilihat di sini.

Tinggalkan Balasan

