daftar situs dan aplikasi internet yang banyak ditentang dan diblokir oleh berbagai perusahaan


Setelah banyak berita di berbagai media Indonesia yang menyebutkan Facebook.com diprotes dan diblokir karena perusahaan merasa dirugikan, seharusnya lebih banyak lagi situs dan aplikasi di Internet yang harus diblokir. Alasan perusahaan tersebut karena para karyawan akan lebih banyak menghabiskan waktunya ‘bermain-ria’ dan bersosialisasi bahkan meninggalkan pekerjaan mereka.

Jika begini, menurut saya, tidak hanya facebook.com saja yang diprotes atau diblokir aksesnya di perusahaan tersebut. Situs social networking seperti friendster.com dan yahoo! Messanger juga harus ditutup. Saya yakin, jika sudah asyik ber-friendster ria dan ber-YM-ria, tak banyak diantara para pekerja melalaikan pekerjaan dan kewajiban mereka. Ada juga situs yang rakus bandwith dan mendorong orang untuk nonton film seperti youtube, sepertinya juga harus diblokir. Satu lagi, walaupun nulis tidak butuh banyak waktu, situs blogger seperti wordpress.com, multiply.com, blogspot.com, dan lain sebagainya, juga harus diperhatikan oleh petinggi dan pemilik perusahaan.

Jika alasannya adalah efektifitas dan efisiensi kerja, atau kecepatan bandwith jadi lelet, menurut saya kurang tepat. Hanya saja, jika memang ada pekerja yang sampai lupa daratan kerja tapi maen terus internet, ini yang perlu diperhatikan. Siapapun, manusia manapun, pasti membutuhkan sosialisasi dan aktualisasi diri. Mempunyai jaringan sosial juga merupakan kebutuhan dasar kita semua. Jadi, seharusnya perusahaan tinggal membuat rule atau aturan sebaik mungkin yang menghasilkan win-win solution antara pekerja dan perusahaan. Sebagai contoh, akses untuk beragam situs tersebut bisa diperolehkan setelah jam kantor, record akses seorang pekerja dapat dilihat melalui server jika kelewatan bisa diperingatkan untuk kembali bekerja lebih baik, dan lain sebagainya.

Bagaimana menurut Anda? —Misbah

tulisan ini saya dedikasikan untuk Djarum Black Blog Competition with keyword Black Community, Blackinnovationawards, and Blackinnovationawards goes to campus.

5 responses to this post.

  1. yang terjadi di perusahaan besar (tdk usah saya sebutkan), mereka segera memblok situs yang memang membuat karyawannya terfokus pada kegiatan lain. jadi yang dilakukan adalah mengaksesnya di rumah sepulang kantor. saya rasa cara ini merupakan hak perusahaan yang kita harus hormati, karena kebanyakan karyawan di kita, mentalnya tidak disiplin, sekali ada kesempatan curi-curi.. kalau sampai diblok oleh pemerintah atau provider sih, kayaknya merupakan isu nasional yang memalukan.

    Misbah says: terimakasih Tommy telah berkenan sharing di blog ini. Salam kenal.

    Balas

  2. Posted by mardias on 24 Maret 2009 at 05:19

    Dari berbagai pengaruh buruk situs internet yang telah dibahas di berbagai media, sebenarnya masih ada sisi baiknya, terutama di masyarakat kita yang tadinya termasuk yg paling “gaptek” dan juga sulit “belajar”. Jadi solusi yang paling cerdas adalah dengan memanfaatkan “demam” ini untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi kerja di kantor/perusahaan masing2. Cuma masalahnya, apakah kantor/perusahaan itu sendiri sudah mampu mengoptimalkan teknologi informasi?

    Misbah says: terimakasih Mardias telah berbagi pendapat. Memang dari sisi pembelajaran, saya sangat setuju. Bahayanya adalah jika demam tersebut membuat lupa diri sehingga bukan efektifitas dan efisiensi yang didapat, tapi malah sebaliknya. Sedangkan dari sisi optimalisasi IT, seharusnya itu harus bisa tercapai. Mnurut saya, untuk mensiasati ini perlu sistem yang baik yang disepakati oleh seluruh anggota perusahaan, baik pimpinan maupun pekerja lainnya. Sehingga akan terjadi kejelasan, mana yang boleh dilakukan dikantor dan mana yang seharusnya dilakukan diluar jam kerja. Terimakasih.

    Balas

  3. Posted by Jaimeweek on 7 April 2009 at 13:05

    I’m new to this blog. Apologize for asking this though, but to OP… Do you know if this can be true; http://www.bluestickers.info/ringtones.php ? it came off http://ringtonecarrier.com
    Thanks :)

    Misbah
    says: Jaimeweek, thanks for your visit and comment. Your website very nice.

    Balas

  4. Posted by Jaimeweek on 13 April 2009 at 13:32

    I’m new to this blog. Apologize for asking this though, but to OP…
    Do you know if this can be true; http://www.bluestickers.info/ringtones.php ?
    it came off http://ringtonecarrier.com
    Thanks :)

    Balas

  5. Posted by romailprincipe on 14 April 2009 at 03:39

    Setuju.. Karena produktifitas karyawan terganggu.. Usulan bagi yang pingin terus2 online utk sekedar chat bisa pake hp.. kalo mau go blog or facebook bisa pake modem 3g, ato tunggu jam pulang kantor…

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: