“Ethnography Design Workshop 2009” Himpunan Mahasiswa Teknik Industri UGM (20-22 Maret 2009)


TEMA: “Ethnography for Creative Product Design”

About Ethnography
Induk dari Etnografi adalah ilmu antropologi. Etnografi, ditinjau dari asal katanya yaitu etno (bangsa) dan graphy (menguraikan atau menggambarkan), dalam arti luas memiliki arti sebagai suatu metode riset dalam rangka menguraikan kegiatan manusia, dalam konteks sosial dan kultural.

Berbeda dengan metode riset seperti focus group ataupun survey, etnografi memiliki teknik yang ’unik’ dan ’khas’ dalam penelitiannya. Teknik yang dimaksud yaitu melalui observasi langsung, dimana peneliti berusaha untuk menyelami kehidupan responden yang akan diamati dari dekat dan berusaha menempatkan diri dalam posisi sebagai objek yang sedang diamati tersebut, baik dalam berpikir, hidup, dan berperilaku. Dapat dikatakan ’unik’ karena dalam penelitian etnografi benar-benar diselami kehidupan objek yang diteliti dengan terlibat langsung dalam lingkungannya (paticipant observation), sehingga didapatkan deskripsi mengenai kebudayaan yang ada sebagaimana nyatanya. Dan dapat dikatakan ’khas’ karena etnografi memandang suatu budaya lebih merupakan sebagai  sebuah proses, dan bukan sekedar produk belaka.

Dalam perkembangannya, etnografi mulai dikembangkan dalam dunia bisnis, karena metode ini dianggap mampu untuk menggali lebih dalam mengenai keinginan konsumen yang sering tidak sanggup didapatkan dari metode riset konsumen lainnya. Beberapa perusahaan besar terutama di negara maju mengaplikasikan etnografi dalam dalam hal penciptaan, pengembangan produk, dan periklanan.

BENTUK KEGIATAN
Workshop ini akan dilaksanakan dengan target peserta skala Nasional dan akan dilaksanakan selama 3 hari. Peserta akan melakukan pengamatan terhadap produk EPSON  serta menggali sisi etnografi dari produk tersebut. Peserta juga akan melakukan survey langsung terhadap konsumen untuk mengaplikasikan teknik etnografi. yang telah ada di pasaran, dan akan mengamati.

EDW 2009 adalah merupakan suatu babak lanjutan dari EDW yang telah dilakukan pada tahun2008 lalu. Kegiatan ini ditujukan untuk memperdalam ilmu ethnografi dan menanamkan pentingnya ilmu ini di dunia industri. Adapun perbedaan yang terdapat didalamnya antara EDW 2008 dengan EDW 2009 adalah terdapat pada inti materi yang dibahas.

Pada EDW 2008 lebih menekankan pada pengenalan ethnografi kepada para perserta. Mereka diberikan pengertian apa itu ethnografi dan bagaimana menilai suatu produk, apakah sudah memiliki unsur etnografi atau belum dengan melakukan pengamatan terhadap suatu produk yang ada dipasaran.

Sedangkan pada EDW 2009 para perserta akan dijelaskan bagaimana mengaplikasikan ethnografi di dalam dunia industri, serta teknik-teknik yang digunakan untuk melakukan ethnografi, Dimana peserta dilatih sedemikian sehingga mampu merubah suatu data yang didapat dari hasil pengamatan menjadi suatu disain sebuah produk yang sesuai dengan ethnografi.

Lalu para perserta akan melakukan beberapa rangkaian kegiatan dalam acara ini, Dalam tiga hari para perserta akan mendapatkan ilmu dan pengalaman. Pada hari pertama perserta akan mendapatkan materi dari para pembicara dan pada segmen akhir peserta akan dibagi ke dalam beberapa kelompok.

Pada hari kedua, peserta akan melakukan pengamatan terhadap produk Epson  yang telah ada di pasaran, dan akan mengamati  serta menggali sisi etnografi dari produk tersebut. Peserta juga akan melakukan  survey langsung terhadap konsumen untuk mendalami teknik etnografi. Dan pada hari ketiga, peserta akan mempresentasikan hasil pengamatan mereka.

Acara ini akan terbagi dalam beberapa sesi, yaitu:
1.   Penyampaian materi sesi I
2.   Penyampaian materi sesi II
3.   Penyampaian materi sesi III
4.   Keynote speaker dari EPSON
5.   Observasi dan survey lapangan
6.   Presentasi
7.   Reward for the best presentation

Sebagai pembicara yang akan hadir dalam seminar adalah:
1.  Pakar etnografi Prof. Dr. Heddy Shri Ahimsa Putra, M.A., M. Phil.,
2.  Pakar product design Ir. Alva E. Tontowi, M.Sc, Ph.D,
3.  Pakar etnografi dalam marketing Amalia E. Maulana,Ph.D , dan
4.  Keynote speaker dari perusahaan EPSON printer yang produknya akan diamati dan dievaluasi  dalam workshop ini.

PELAKSANAAN
Edw 2009 akan dilaksanakan selama tiga hari dan itu merupakan rangkaian acara yang dimulai pada :
Hari               : Jumat, Sabtu, Minggu
Tanggal        : 20-22 Maret 2009
Pukul            : 07.30 – 17.00
Tempat        : * University Club Universitas Gadjah Mada @ (20 Maret 2009)
* Gedung KPTU Fakultas Teknik UGM @ (21-22 maret 2009 )

PESERTA
Perserta yang ditargetkan terdiri dari tiga lingkup kelompok, yaitu
1.   Mahasiswa S1, S2, S3
Peserta mahasiswa yang termasuk, atau yang menjadi target perserta adalah para mahasiswa jurusan Teknik Industri, Teknik Arsitektur, Disain Produk, dan Antropologi, serta jurusan-jurusan lain yang kegiatannya berhubungan dengan mendisain suatu produk.
2.   Perusahaan atau instansi
Para perserta yang berasal dari suatu intansi atau perusahaan juga bisa termasuk dalam target kami, agar mereka dapat menuangkan ide-ide mereka dan shearing  dengan perserta lain untuk mendisain suatu produk.
3.   Masyarakat umum

Pendaftaran
1. Untuk pendaftaran langsung dapat dilakukan di
Sekretariat Edw2009
@ Lobi
Jurusan Teknik Mesin dan Industri
Universitas Gadjah Mada
Jalan Grafika no.2, Bulaksumur, Yogyakarta 55281

2.   Atau untuk yang berada di Yogyakarta dan di luar Yogyakarta yang tidak  bisa melakuakn pendaftaran lansung dapat dilakukan dengan pendaftaran online pada web kami.

PENDAFTARAN ONLINE   (klik disini untuk mendaftar)

Dengan rincian Biaya pendaftaran peserta sebagai berikut:
Mahasiswa UGM:   90.000
Luar UGM/Umum: 110.000
(*paket Hemat 400.000 untuk 4 orang)

Pembayaran Registrasi
Dapat dilakukan dengan transfer ke rekening yang terlampir, Kemudian struk bukti pembayaran dapat discan dan di kirim ke email: edw2009@yahoo.com. This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

REKENING BANK PANITIA
a/n  SINTA RAHMAWIDYA SULISTYO
Bank Mandiri cabang Yogyakarta UGM
No. Rekening : 137 000 609 2973

Contact Person
Zainnudin Ahmad: 085729244040
Adila Sepsi W: 081328144041

INFORMASI SEPUTAR JOGJA
Pada halaman ini anda bisa menemukan informasi-informasi penting seputar transportasi dan akomodasi di kota Yogyakarta. Informasi ini kami suguhkan utamanya untuk anda yang berminat berpartisipasi dalam EDW 2009.
AKOMODASI – link ini akan mengantarkan anda ke direktori hotel di yogyes.com
TRANSPORT – untuk anda yang ingin mengetahui tentang transportasi umum di Yogyakarta.
PETA LOKASI – peta lokasi diadakannya seminar dan workshop EDW2009

Official website: http://edw2009.ft.ugm.ac.id/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: