pemilu 2009 diprediksi gagal dan akan ada pemilu 2010


Entah tanpa sengaja atau tidak, setelah banyak sekali muncul beragam masalah yang terjadi dalam persiapan pemilu 2009 ini, saya mendengar banyak pendapat bahwa pemilu 2009 akan mengalami kegagalan. Prediksi dan opini ini lebih didasarkan pada tanda-tanda awal bahwa panitia pemilu dan seluruh perangkatnya terlihat belum siap secara keseluruhan.

Beberapa ketikdaksiapan itu diantaranya: ada kasus manipulasi DPT atau Daftar Pemilu Tetap di beberapa daerah, surat suara yang belum terdistribusi secara menyeluruh di Indonesia, banyak salah cetak kertas pemilu, dana KPU di berbagai daerah yang belum cair (di Sleman salah satu contoh yang saya temukan), beragam pelanggaran kampanye yang dilakukan oleh partai dan calegnya, dan lain sebagainya.

Prediksi gagal ini juga diindikasikan ada yang memang ‘nggembosi’ atau ada pihak yang memang berkeinginan pemilu 2009 gagal. Entah siapa itu, saya kurang begitu tahu. Jika proses pemilu 9 April esok tetap berjalan dengan berbagai ketidaksiapannya, saya sendiri yakin, kelak pasti akan terjadi kericuhan. Akan banyak para calon legislatif dan partai yang melakukan protes terhadap hasil yang telah ditetapkan. Buntut akhirnya, akan banyak yang menuntut pemilu diulang. Nah, maka pemilu 2010 wajib diadakan.

Terus, ini baru soal pemilihan legislatif, belum pemilihan eksekutif atau presiden dan wakil presiden. Wah, kayaknya bakal lebih seru lagi masalah yang akan timbul. Tapi, ini cuman sekedar prediksi dan opini. Bisa jadi tidak terjadi. Yah, semoga saja lancar dan tidak menambah memperburuk kondisi Indonesia tercinta ini.

Bagaimana menurut Anda? —munir

Tulisan ini saya dedikasikan untuk Djarum Black Blog Competition.

7 responses to this post.

  1. Posted by hudzai on 26 Maret 2009 at 06:52

    salam kenal dari ana Abu Hudzai… terimakasih atas komentar antum di blog ana. kita sama sama berusaha semaksimal mungkin mencari pemimpin yang Islami itu. setidaknya yang memiliki darah perjuangan menegakkan syari’ah ALlah di bumi ini. ana selaku warga Dewan Da’wah melihat himbauan ini ada yang kurang sedikit. yaitu masalah penegasaan bahwa hukum yang dipakai sekarang ini ada sistem kufur yang perlu disikapi juga. saya kira fatwa DDII ini tidak jauh berbeda dengan fatwa MUI yang memberikan kpd kita pilihan untuk mencari pemimpin yang ideal untuk dipilih. Akan tetapi MUI belum memfatwakan apapun tentang kedudukan sistem yang berlaku di negara ini. ana gak tau dan gak berani menerka-nerka apa sebabnya. setidaknya karena mereka lebih faham dr ana.

    Misbah says: Terimakasih akhir Hudzai atas kunjungan dan komentarnya. Bicara soal Indonesia, memang sistem kita masih dimonopoli oleh para politisi, yang polapikirnya lebih cenderung mementingkan diri dan kelompok mereka masing-masing. Belum ada atau muncul tokoh-tokoh yang bisa serius dan ikhlas berjuang demi kemaslahatan rakyat. Yah, semoga saja ada secepatnya. Kita bisa berdoa dan berusaha semaksimal mungkin. salam kenal.

    Balas

  2. Posted by R.H. SALIM on 27 Maret 2009 at 05:18

    Ass. Wr. Wb. Salam Sejahtera.
    Masalah WAKTU, hanya DIA Yang Maha Kuasa (Demi Masa)

    Beberapa komentar saya:
    Pemalsuan/manipulasi DPT sangatlah mudah, banyak Umat yang canggih meniru dan memodifikasi Karya Cetak yang disebut DPT, yang saya heran Komisi Pemilihan Umum tidak Menguasai (mendata, merekam, mencetak) Daftar Pemilih, yang idealnya Komisi Pemilihan punya sendiri Daftar Pemilih.

    Sebagai ilustrasi, Negara punya Daftar Warga Negara (Penduduk); Polisi Lalu-Lintas punya Daftar Mobil (BPKB/STNK), Kantor Pajak punya Daftar Wajib Pajak (NPWP), Rumah Sakit punya Daftar Pasien, Sekolah punya Daftar Murid, Kita punya Daftar Teman … tetapi Komisi Pemilihan kenapa tidak punya Daftar Pemilih alias dibuat oleh Lembaga lain.

    Inilah Negara yang Pakai Perasaan (Selera/Subyektif), belum Negara yang Pakai Sistem (Aturan/Obyektif).
    Semoga Keadilan Menjadi Ratu, bukan Mencari Ratu Adil.

    Biarkan meraka memanipulasi DPT, yang penting tanggal 9 April ’09 Rakyat atau Pemilih Datang ke TPS untuk Nyontreng, jangan tidur di rumah atau sibuk ditempat kerja alias GOLPUT. (Tidak masalah kalau GOLPUT-nya adalah Golongan Pencari Untung)

    Jika kita merefleksikan masa lalu: Kemerdekaan / Proklamasi 17-08-1945 tidak jelas yang mengagendakan waktunya; Orde Baru 11-03-1966 tidak juga jelas yang mengagendakan waktunya; Orde Reformasi 1998 pun tidak jelas yang mengagendakan waktunya; Kini Pemilu 2009 sudah Jelas, kalaupun Mundur berarti Jelas merupakan Ketentuan Tuhan.

    Kalaupun Mundur, Manusia Hanya Berencana tetapi Tuhan jua Yang Memutuskan.

    Wassalam

    Misbah says: Wah, sangat menarik sekali R.H. Salim analisis Anda. Terimakasih telah berkenan memberikan masukan dan berbagi di blog saya. Memang, soal pemilu ini, menurut saya, kian rumit saja. Kita ingin mendapatkan pemimpin yang Adil, tapi jika sistemnya tidak kuat dan baik, ya, tetap saja pemimpin yang dilahirkan akan juga tidak kuat dan tidak baik. Soal KPU, yang menurut saya adalah kumpulan orang2 sangat hebat, krn sedikit orang tapi ngurusi Pemilu, agenda yang sangat hebat ini. Saya hanya berharap dan berdoa, kelak jika pemilu benar-benar tidak sesuai harapan kita, tidak akan ada yang akan dikambing hitamkan. Damailah Indonesia. Mudah sekali kita mencari musuh, tapi untuk mencari saudara dan menjalim persahabatan butuh proses yang panjang. Salam.

    Balas

  3. ada juga… mas
    salam: aldi.

    Misbah says: terimakasih Aldi (caleg caleg bodoh) atas informasinya. kutipan tulisan Anda sangat menarik. salam.

    Balas

  4. Posted by guskar on 31 Maret 2009 at 00:54

    Pemilu 2009 harapannya bisa terlaksana dengan lancar ya mas. Dan akan terpilih anggota legislatif yang benar2 jd wakilnya rakyat, jg terpilih presiden yang membawa amanat penderitaan rakyat. Tapi kalau gagal dilaksanakan tahun ini, sepertinya banyak yang mensyukurinya loh. Masa berkuasa diperpanjang… masih punya kesempatan jadi kapal kerug.. he..he…
    Pro @mas RH Salim: Jika kita merefleksikan masa lalu: Kemerdekaan / Proklamasi 17-08-1945 tidak jelas yang mengagendakan waktunya . Benar mas, bahkan di naskah proklamasi disebutkan: “…pemindahan kekuasaan dll diselenggarakan dalam cara seksama dan sesingkat2nya”. Makanya, sampai sekarang bangsa kita hobi banget untuk berpindah kekuasaan..

    Misbah says: Guskar, saya sependapat juga dengan Anda, bahwa, memang sebaiknya dan harus, pemilu 2009 berjalan dengan baik dan menghasilkan pemimpin yang sesuai dengan harapan rakyat. Dalam tulisan ini, saya hanya memberikan prediksi dan fakta yang ada. Ini juga bentuk kekhawatiran saya akan nasib bangsa Indonesia. Salam kenal.

    Balas

  5. Posted by hhr on 4 April 2009 at 10:19

    Silakan kunjungi usmanyatim.wordpress.com, menerima kritik dan saran.

    Misbah says: ‘hhr’, terimakasih kunjungannya. Sangat menarik juga blog yang Anda sebut diatas. Segera, jika ada waktu saya akan eksplore blog tersebut lebih banyak lagi ya.. salam kenal.

    Balas

  6. kampanye damai pemilu indonesia 2009…

    Melalui blog ini, saya ikut mengajak para blogger indonesia untuk menyerukan aksi Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009…

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: