laporan pelaksanaan pencontrengan pemilu 2009 di Kecamatan Cangkringan Sleman: berjalan lancar, hanya terjadi beberapa kesalahan minor


Syukur alhamdulillah, pelaksanaan pemilihan umum legislatif tanggal 9 April 2009 di wilayah Desa Wukirsari, Kecamatan Cangkringan, Sleman, Yogyakarta berjalan lancar dan aman. Berdasarkan hasil pantauan kami para mahasiswa KKN-PPM LPPM UGM di lapangan, kesalahan dan berbagai kekurangan lebih banyak terjadi ketika sebelum hari H pencontrengan. Beberapa ketidaklengkapan tersebut sebelumnya telah saya sampaikan pada tulisan-tulisan sebelumnya.

Untuk masa pencontrengan pada hari H, hanya terdapat beberapa permasalahan terutama yang berkaitan dengan kesulitan para pemilih untuk melakukan pencontrengan dan proses penghitungan suara hasil pencontrengan oleh para anggota panitia di TPS-TPS. Banyak sekali keluhan dari masyarakat pemilih soal cara baru yaitu dengan cara contreng atau centang ini. Hampir di seluruh tempat pemilihan suara (TPS) tidak kurang surat suara yang tidak sah mencapai minimal 15% lebih.

Sedangkan, di pihak panitia TPS, mereka sangat kesulitan mencari dimana tempat mencontreng para pemilih. Akhirnya, panitia TPS harus beramai-ramai mencari contrengan di tiap kartu suara. Yang jatah melihat dan mencari centangan ini minimal harus 3 orang, bahkan lebih banyak lebih daripada itu. Selain karena kecil hasil contrengannya, panitia TPS juga kesulitan karena warna bolpen atau spidol yang digunakan mencontreng hampir sama dengan warna tulisan di kertas suara. Apalagi yang nyontrengnya pas di gambar partai, tambah kian sulit. Anggota TPS harus ekstra hati-hati dengan ini.

Hingga siang hari ini, 10 April 2009, terdapat beberapa TPS yang belum menyerahkan kotak beserta berkas pemilihan mereka ke PPK atau Panitia Pemilihan Kecamatan. Mereka, bahkan harus berkali-kali mengulangi penghitungan suara. Ada yang karena di protes saksi karena salah hitung, ada juga yang datanya tidak pas dengan jumlah pemilih yang menggunakan hak pilihnya.

Untuk hasil pemilihan di Kecamatan Cangkringan, akan saya usahakan segera setelah PPK selesai merekap hasilnya. Menurut informasi yang saya dapat, PPK akan mulai melakukan perekapan pada Sabtu, 11 April esok. Semoga bermanfaat. –Munir–

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: