pedoman lomba web dan membuat blog sekolah tingkat nasional


Untuk 2 minggu ini, saya kembali diminta untuk mengajar di kelas TIK atau Teknologi Informasi dan Komputer di SMAN 1 Cangkringan. Karena saya dalam posisi bekerja maka saya meminta kepada pihak sekolah untuk menjadikan kelas ini sebagai program sore atau ekstrakulikuler diluar jam kelas saja. Kebetulan, saya juga masih dalam program KKN-PPM UGM, maka sekalian saya buat sebagai program non tema saya. Oleh karena itu, saya harus belajar lagi agar lebih menguasai dan mendalami tentang nge-blog ini. Setelah searching di mbak Google.com, maka saya dapati berbagai artikel menarik yang berkaitan dengan blog pemula dan blog sekolah. Walaupun sepertinya isinya sama, tapi saya berharap semoga dapat bermanfaat! –Munir–

Berikut ini artikel-artikel tersebut:

Catatan: Sumber asli artikel ini terdapat di link judul-judul diatas.

3 responses to this post.

  1. Asswrwb…. Artikel yang bagus, kiranya mmg harus kita galakkan n budayakan blogging utk dunia pendidikan bro. aq juga kadang dimintai “ceramah” ttg blog, tapi medianya NOKIA krn aq pikir PC jarang punya sdgkan HP byk yg punya. maju terus berkarya bro!

    Misbah says: Bung Masfrid, terimakasih. Wah, sukses terus buat Anda ya. Saya juga beberapa kali untuk beberapa sekolahan di Jogja diminta untuk memberikan materi tentang blogging ini. Bahkan, di 2 SMA saya membimbing khusus karena mereka punya unit kegiatan ekstrakulikulernya. Mungkin jika ada kesempatan kita bisa bekerjasama dan saling melengkapi ya… Terimakasih dan salam kenal…

    Balas

  2. Dengan senang hati jika memang ada bentuk kerjasamanya pak, utk diketahui bahwa awalnya saya sosialisasi blog itu utk promosikan budaya NGEBLOG utk pendidikan, akan tetapi menggunakan media NOKIA dmn tempat saya kerja sbgai HUMAS NOKIA, krn dgn nokia bisa ngeblog tanpa harus menggunakan PC. ngeblog bisa dmnpun & kpnpun apalagi NOKIA skrg menawarkan account email baru yg bisa sign up di http://account.nokia.com atau http://mail.ovi.com yg memang accesnya disesuaikan dgn kemampuan HP, besar harapan saya dunia pendidikan terbiasa dgn BLOGGING. untuk itu saya mohon diberikan strategi edukasi yg selama ini mas pakai utk saya terapkan disini. trmkasih sebelumnya utk kerjasamanya mas…! SUKSES utk ANDA.

    Misbah says: Pak Masfrid, terimakasih atas respon dan penjelasan Anda. sangat menarik. Tapi, apakah semua jenis HP Nokia bisa digunakan untuk blogging? Atau hanya tipe tertentu saja?
    Untuk strategi edukasi, pada umumnya, awal sekali saya memberikan ‘pancingan’ berbagai hal menarik atas blog itu sendiri. Dari mulai manfaat mencari bahan pelajaran hingga menyalurkan hoby dan berteman. Setelah itu kita ajak teman2 peserta didik untuk surfing ke blog2 terbaik, terkenal, dan yg banyak pengunjungnya. Kita ajak mereka eksplore blog tersebut. Kemudian, setelah puas dengan ‘maen2’ di blog orang, kita praktek langsung membuat blog masing-masing. Setelah mereka punya blog, kita ajarkan mereka untuk bagaimana menulis, mencari ide postingan, tulisan apa yang menarik dsb. Dan, yang terakhir, saya sampaikan ke mereka bagaimana strategi2 agar blog kita teroptimasi di mesin pencari, trik SEO, dan lain sebagainya.
    Sungguh senang sekali bisa berkenalan dan berkomunikasi dengan Anda pak.

    Balas

  3. Bagus sekali strateginya pak, termasuk materi pedoman weblog anda bagus jg & sdh sy download. trmksih sblumnya.

    Untuk masalah blogging dgn media nokia itu hanya menyiasati keterbatasan sebagian org yg jarang akses komputer dan juga memanfaatkan teknologi HP yg rata2 org memilikinya, artinya status MOBILE itu yg kita manfaatkan. untuk media HP (nokia tentunya, hehe, nasionalisme pak) bisa digunakan itu sebatas posting dan bbrp proses setting aja, terutama utk ukuran file yg sedang/relatif kecil, syratnya HP NOKIAnya harus ada fasilitas GPRS atau EDGE atau yg lebih sprti 3G, operating sistemnya bisa java atau symbian asal browsernya OPERAMINI, postingnya bisa pakai aplikasi atau langsung online di WP atau BLOGSPOT krn sy sdh riset sebelumnya lumayan bisa kok, memang sih nantinya klo mau memperindah blog harus di PC tapi itu klo sdh didpn PC aja, sy tidak mengharuskan NGEBLOG DGN NOKIA melulu pak, hanya memaksimalkan teknologi dan keberadaanya, apalagi dikenalkan pd komunitas akademisi sperti sekolahan SMU, drpd nantinya mereka tdk punya dasar dlm memanfaatkan teknologi.

    ide ini masih 1 bulan ini jalan di 2 sekolahan, kalo anda punya strategi yg sudah baku & tertulis utk bisa di share ke murid2 mohon kiranya bisa di share ke saya juga. hehe :-), bbrp blog sdh dipraktekkan bersama-sama pak, akan tetapi utk SEO nya saya masih awam alias NOL, mohon diajari juga triknya. saya yakin dgn adanya kegiatan begini ini akan meningkatkan daya saing global dunia pendidikan kita. terimakasih..

    Misbah says: wah, menarik sekali ide dari Anda atau tim Nokia ini pak. Nanti akan saya coba bersama dengan teman2 siswa didik saya. Yah, pastinya saya juga perlu melihat jenis HP mereka masing-masing. Semoga saja semua memungkinkan. Walaupun punya saya sendiri sebenarnya belum. Yah, semoga ada rizki sehingga bisa beli yg sudah 3G. Untuk file strategi didik saya, saat ini masih belum terdokumentasi dengan baik pak. Saya lebih banyak memanfaatkan internet untuk memberikan suatu materi ke mereka. Ya, sekali melatih mereka untuk surfing & searching pak. Apakah ada rencana untuk semacam roadshow di Jogja begitu pak Masfrid untuk sosialisasi ini?

    Balas

Tinggalkan Balasan

