Indonesia Ngutang Lagi ke Asian Development Bank senilai 1,205 Miliar Dolar?


Sidang tahunan Asian Development Bank (ADB) di Denpasar, Bali, ditutup, Selasa (5/5) kemarin. ADB sepakat menambah pinjaman ke negara-negara anggotanya termasuk Indonesia. Pinjaman ini harus diikuti dengan setoran hingga Rp 2 triliun selama empat tahun yang harus ditanggung APBN Indonesia.

Lewat tambahan setoran tersebut, Indonesia mendapatkan komitmen bantuan dari ADB senilai US$ 140 juta untuk pembangunan infrastruktur, sebesar US$ 65 juta untuk PNPM Mandiri, dan pinjaman siaga senilai US$ 1 miliar. Pinjaman siaga ini akan digunakan jika keadaan perekonomian mendesak. Indonesia kali ini tercatat sebagai negara penghutang tertinggi di ADB.

Banyak pihak menolak keputusan ini. Di antaranya; Front Mahasiswa Nasional menolak rencana ADB dan negara maju untuk memberikan utang sebesar US$ 2 miliar kepada pemerintah Indonesia. Pemerintah Jepang dan ADB dituntut membatalkan utang tersebut.

Saya sependapat, utang ini hanya akan menambah beban rakyat! Pemerintah seharusnya bisa memahami kondisi sulit yang dihadapi rakyat saat ini.

Sekedar tambahan data, bukannya berkurang, menurut tim Indonesia Bangkit, utang pemerintah naik 31 persen dalam 4 tahun terakhir. Di awal 2009, utang Indonesia mencapai lebih dari Rp 1.600 triliun. Setiap warga negara Indonesia memikul beban utang sekitar Rp 7,7 juta per kepala, bahkan bayi yang baru lahir kemarin.

Bagaimana menurut Anda? —Misbah Munirdiringkas dari berbagai sumber.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: