20–21 Juni 2009: SEMINAR NASIONAL MENUJU INDONESIA 2014: Pemanfaatan Energi Nuklir dalam Perspektif Kesehatan Kedokteran, Sains dan Teknologi serta Perekonomian Indonesia


Memahami Indonesia merupakan pekerjaan besar bagi setiap orang yang mencoba memberikan solusi. Setelah rezim orde baru tumbang, banyak harapan tertumpah kepada pundak setiap pemimpin negeri ini. Tak terlepas dengan mahasiswa dan generasi muda lainnya. Harapan tadi tertumpah bukan tanpa alasan. Mahasiswa sebagai kaum intelektual telah membuktikan bahwa mereka mampu untuk mengeluarkan bangsa ini dari setiap periodesasi ketidakadilan penguasa.
Semenjak satu dasawarsa reformasi bergulir diakui banyak ketimpangan terjadi walaupun,dalam beberapa hal ada kemajuan dan perbaikan sistem pengelolaan negara. Ketimpangan tadi lebih banyak diakibatkan dari sikap pemerintah yang terlalu mengakomodasi elit. Energi yang tersisa sekarang tidak dapat menyelesaikan pekerjaan rumah tangga dengan baik padahal sector ini sangat perlu mendapatkan penanganan serius.
Harapan yang seharusnya menjadi peluang, ternyata harus berakhir sebatas impian, komunikasi lintas generasi menjadi kebutuhan. Konsepsi yang segera di realisasikan, tertunda karena semua kalangan sibuk memperebutkan kursi kekuasaan. Akhirnya persoalan demi persoalan lahir dan semakin menambah kompleksitas permasalahan.
Pergerakan mahasiswa mengalami kemandekan antara lain disebabkan oleh dua faktor. Pertama, persoalan stuktural (terkait kebijakan dan akses sistem terhadap mahasiswa yang ingin melakukan perubahan). Pada akhirnya melanggengkan sebuah cara berpikir bahwa mahasiswa adalah “oposisi” dari kebijakan pemerintah. Kedua, persoalan cultural yaitu etos kerja mahasiswa sering kali mengalami penurunan.

Persoalan diatas harus segera diselesaikan. Rakyat kini menanti terealisasinya peran-peran di atas, untuk mencapai tujuan. Peningkatan kebutuhan akan energi yang luar biasa dewasa ini di tengah-tengah ancaman mahalnya sumber energi primer dunia dan pemanasan global telah membuka mata kita betapa sebenarnya kita masih menghadapi masalah dengan ketahanan energi jangka panjang. Beberapa opsi non-konvesional yang dulu dipandang sebelah mata sekarang harus mulai diberi peran lebih.
Salah satunya adalah tenaga nuklir.

Menyadari urgensi tersebut, maka pada Milad Universitas Islam Indonesia ke  66 ini, Lembaga Eksekutif Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam (LEM FMIPA) beserta Lembaga Eksekutif Mahasiswa fakultas Kedokteran dan Lembaga Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi LEM FK dan LEM FE) berinisiatif mengadakan sebuah kegiatan yang mengangkat tema tentang kemanfaatan energi nuklir yang dipandang pada sudut kesehatan kedokteran, sains teknologi dan dari sudut pandang ekonomi.

Reaktor nuklir untuk keamanan, keadilan dan perdamaian, itulah yang menjadi alasan bagi Iran untuk berjalan tegap dan percaya diri, bahwa utusan dan pilihan bebas ditangan mereka demi kemakmuran rakyatnya. Kalau alasannya itu, mereka tahu bahwa mereka dapat menguasai teknologi pendukung secara sempurna agar mesin penghasil  keamanan, keadilan dan perdamaian itu akan sungguh bermakna bagi rakyatnya dan dunia umumnya. Tetapi pertanyaan dibawah ini penting, sekedar membawa kita ke imajinasi bersama PLTN untuk siapa (untungnya) dan dampak (resiko bencana) yang akan bertanggung jawab siapa?

Maraknya penolakan masyarakat terhadap rencana proyek Pembangkit listrik Tenaga Nuklir (PLTN) di Semenanjung Muria, Jawa Tengah, sejauh ini tidak mengubah konsistensi pemerintah untuk terus mensosialisasikan bahwa energi nuklir sangat tepat jika diterapkan dalam keadaan bangsa seperti ini. Bahwa pengembangan energi nuklir mampu memberikan keuntungan untuk kemakmuran rakyat. Beberapa energi nuklir dapat digunakan untuk pembangunan ketahanan pangan, energi nuklir untuk pengembangan teknologi kesehatan dan obat, serta energi nuklir untuk industri dan lingkungan.

Dan untuk menuju Indonesia 2014 yang sejahtera dibutuhkan penanganan dan tawaran politik terhadap leader bangsa Indonesia sebagai bukti nyata bahwa mereka akan menjalankan sesuatu kebijakan yang sangat bagus  yaitu penerapan energi nuklir sebagai energi yang cocok untuk negara indonesia.

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada :
Tanggal: 20 – 21 Juni 2009
Tempat: Auditorium Kahar Muzakkir UII

DAFTAR PEMBICARA

  1. DR. dr. Siti Fadilah Supari, Sp.JP(K), Menteri Kesehatan RI
  2. DR. Ir. AY. Sutrisnanto dari MEDCO Jakarta
  3. DR. Syahril,DIC, M. Eng dari BATAN
  4. Wahyudin Munawir dari Komisi VII DPR RI
  5. WALHI DI. Yogyakarta
  6. Capres dan Cawapres Indonesia
  7. Prof. Dr. Edy Suandi Hamid, M. Ec (Ketua Forum Rektor Indonesia)

KONFIRMASI DAN PENDAFTARAN
Sekretariat Lembaga Eksekutif Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu
Pengetahuan Alam (LEM FMIPA) Universitas Islam Indonesia
Kampus Terpadu, Jalan Kaliurang KM.14,5 Sleman, Yogyakarta
CP : A. Rhyza Vertando Halim 081392810800
Ani Agustina. AR 0812 501 5757
Irfanianta Arif Setyawan 085646519369
Ratih Kurniasari 085658086631
Email: // <![CDATA[// <![CDATA[
var prefix = ‘ma’ + ‘il’ + ‘to’;
var path = ‘hr’ + ‘ef’ + ‘=’;
var addy77936 = ‘nethesco09’ + ‘@’;
addy77936 = addy77936 + ‘yahoo’ + ‘.’ + ‘com’;
document.write( ‘‘ );
document.write( addy77936 );
document.write( ” );
//\n
// –>]]>
nethesco09@yahoo.com// <![CDATA[// <![CDATA[
document.write( ‘‘ );
// ]]>This e-mail address is being protected from spam bots, you need JavaScript enabled to view it // <![CDATA[// <![CDATA[
document.write( ” );
// ]]>

Rekening: Bank Muamalat 904 299 8 299 an. Ani Agustina

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang seminar ini silahkan download proposal seminar nasional menuju indonesia 2014.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: