Boleh Toh Kalo Gak Nyontreng?


Inilah pertanyaan yang sempet membuatku bingung. Pertanyaan ini nyelonong dari seorang peserta sosialisasi Pemilu yang aku lakukan untuk Pemilu Legislatif kemarin. Kaget juga dengerin pertanyaan itu.

“Mas, sebenarnya, boleh toh kalo gak nyontreng itu? Jika kita tidak memanfaatkan hak suara kita, kan tidak dipenjara toh? Walaupun kita sudah terdaftar di DPT (Daftar Pemilih Tetap) maupun belum?”

Begitu pertanyaan lengkapnya. Saya pun menjawab, “Iya tidak apa-apa pak. Itu hak kita kok sebagai warga negara. Mau digunakan atau tidak, ya itu terserah kita. Tidak ada hukuman apapun untuk itu. Namun, sebagai warga negara yang baik dan ingin mengikuti serta turut aktif dalam proses demokrasi di negara ini, maka kita sudah seharusnya untuk menggunakan hak pilih tersebut.”

Beliau pun mengangguk-angguk saja.

Sebenarnya sih, dalam hati kecil saya mengatakan, “Pak, saya sendiri ini tidak terdaftar di DPT. Jadi, jelas gak mungkin saya bisa memilih. Ribet ngurus perpindahan DPT itu ke kampung!”

Khusus pilpres besok, saya secara pribadi berpendapat, marilah tetap gunakan hak pilih kita untuk turut andil mengubah Indonesia menjadi lebih baik. Cermati dengan benar dan turuti hati nurani kita untuk memilih salah satu capres-cawapres yang tepat.

Pesan saya, janganlah tertipu dengan janji lipstik pasangan manapun. Yang mengulurkan bantuan berbentuk apapun atau uang, jangan pilih dia. Pilihlah yang tulus.

Tapi, ingat, jika tidak ada yang tepat, ya mendingan gak usah memilih saja daripada menyesal selama 5 tahun ke depan hanya gara-gara memilih presiden dan wakilnya yang hanya akan menghancurkan Indonesia. Oke?

Anda setuju? –Munir–

3 responses to this post.

  1. Setuzu mas…jika ada terpilih di dpt, beranikan diri untuk menyontreng pilihan yang tepat menurut masing2 kan?,,kalo yang tulus kan sudah jelas, yang tidak ditutup2i dan tidak jaga image..tapi sayang image berkuasa mas..

    Balas

  2. Posted by geradus cornelius fairio on 7 Juni 2009 at 17:38

    se7 sekali…yang terpenting itu datang dari diri kita pribadi gmn menyikapinya segala sesuatu termasuk dalam pemilihan ini. Go..Go…gunakan hak kita sesuai dengan hati n pikiran yang bersih(*_*)

    Balas

  3. Mishbahul Munir: Boleh Toh Kalo Gak Nyontreng?…

    Pesan saya, janganlah tertipu dengan janji lipstik pasangan manapun. Yang mengulurkan bantuan berbentuk apapun atau uang, jangan pilih dia. Pilihlah yang tulus.
    Tapi, ingat, jika tidak ada yang tepat, ya mendingan gak usah memilih saja daripada menye…

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: