FBMM Masuki Babak Baru


Dengan disahkannya Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART), Forum Bahasa Media Massa (FBMM) kini memasuki babak baru sebagai organisasi lintas-profesi setelah selama berbilang tahun ini hanya merupakan organisasi longgar semacam paguyuban. Orang dari profesi apa pun dapat bergabung asal ia pencinta bahasa Indonesia.

AD dan ART ini disahkan dalam Konvensi III FBMM di Hotel Le Bringin Salatiga yang berlangsung maraton dari hari Kamis (4/6/09) malam hingga Jumat (5/6) dinihari. Selain pengurus pusat, hadir utusan dari Maluku lima orang, Bali (2), Kalimantan Selatan (1), Jawa Barat (2), Jambi (1), Jawa Timur (1), Sumatera Barat (5), Kalimantan Tengah (2), Jawa Tengah (3), dan Daerah Istimewa Yogyakarta (1).

FBMM Jawa Tengah menjadi tuan rumah bersama Balai Bahasa Jawa Tengah. Dua dari provinsi yang mengirimkan delegasi ini, Jawa Barat dan Jawa Timur, belum memiliki FBMM daerah. Yang tidak hadir dalam konvensi ini ialah FBMM Kepulauan Riau, FBMM Sumatera Selatan, dan FBMM Kalimantan Timur.

Konvensi III FBMM dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan Nasional Provinsi Jawa Tengah Kunto Nugroho H.P., M.S., mewakili Gubernur Jawa Tengah, setelah sambutan oleh Kepala Balai Bahasa Jawa Tengah Drs. Widada, M.Hum.

Anggaran Dasar sebenarnya sudah dibahas dalam Konvensi II FBMM di Wisma Kompas, Pacet, Jawa Barat, 3-4 April 2007, tetapi tidak sempat dituntaskan untuk disahkan. Rancangan AD yang disempurnakan dan rancangan ART pun baru dapat dirampungkan beberapa hari menjelang pelaksanaan konvensi III.

Menurut Pembukaan AD, “Semula, organisasi ini berbentuk kelompok diskusi yang diprakarsai oleh beberapa wartawan dan editor bahasa berpikiran maju dari media massa cetak dan elektronik pada awal dasawarsa 1990-an. Kelompok ini dibentuk guna mengantisipasi banjir istilah asing yang melanda bahasa Indonesia secara tidak teratur yang menimbulkan pengertian yang membingungkan masyarakat pembaca dan pengguna bahasa.”

Namanya Forum Bahasa Antar-Media (FBAM), dengan tuan rumah awal majalah berita mingguan Tempo saat masih berkantor di Jalan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, dan kemudian diteruskan oleh surat kabar harian Kompas.

Masih menurut Pembukaan AD, “kelompok diskusi yang diadakan seminggu sekali ini bermaksud mencari satu kesatuan pikiran dan menetapkan aturan dan istilah baku serta menentukan padanannya yang tepat dengan cara yang disepakati dalam bahasa Indonesia. Setelah beberapa tahun lowong dari kegiatan rutinnya, kelompok diskusi itu dilanjutkan kembali pada awal tahun 2000 sampai akhirnya terbentuklah… organisasi (lintas-) profesi pada tanggal 31 Oktober 2002.”

Namanya Forum Bahasa Media Massa (FBMM). Sejak dibentuk hingga dinyatakan demisioner pada awal konvensi ketiga, Pengurus Pusat FBMM dipimpin oleh Ketua Umum Thahir Djawahir (T.D.) Asmadi, pensiunan wartawan Kompas.

Sebagaimana lazimnya sejak konvensi pertama, bersamaan dengan konvensi, selalu diadakan seminar nasional. Pada tahun 2009 ini, Seminar Nasional bertajuk Bedah Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) IV, sementara itu pada konvensi pertama, seminar membahas Bahasa Iklan dan pada konvensi kedua: Tesaurus Bahasa Indonesia.

Empat pembicara tampil dalam seminar ini, yakni wakil Pusat Bahasa Meity Taqdir Qodratillah: Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi IV, wakil Pengurus Nahdlatul Ulama (NU) Wilayah Jawa Tengah, Mudjahirin Thohir: Pengembangan Bahasa Indonesia di Kalangan Kaum Santri, fisikawan Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga, Liek Wilardjo: Bahasa Media Massa dan KBBI, serta Ketua Umum FBMM, T.D. Asmadi: KBBI IV Yang Membuat Penasaran. (MMSM)

Salam Cinta bahasa Indonesia. (ditulis oleh Martin Muntadhim, Seksi Publikasi FBMM Pusat 2007-2009 yang juga pensiunan wartawan Antara)

One response to this post.

  1. Posted by Irene Rindorindo on 12 Juni 2013 at 01:02

    Salam kenal, Pak Martin. Saya Irene Rindorindo dari Balai Bahasa Sulut. Kami berencana mengadakan rakorda kebahasaan dan menghadirkan salah satu pembicara T.D. Asmadi. Dalam kegiatan tanggal 26-28 Juni ini juga direncanakan pembentukan FBMM. Nah, saya ditugasi mencari AD/ART FBMM pusat. Dapatkah saya dibagikan data mengenai ini, Pak? Terima kasih sebelumnya.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: