Liburan Singkat ke Tuban Jawa Timur


salah satu keindahan gua akbar di Kota Ronggolawe, Tuban...

Walaupun dalam kondisi badan agak kurang fit, saya pun harus mau tidak mau memutuskan untuk liburan singkat di kampung halaman saya, Tuban, Jawa Timur.

Gimana gak pulang? Lha wong udah kadung janji ke orang tua untuk ngantar ketiga adik saya berlibur di kampung kelahiran. Walaupun sebenarnya waktu yang begitu padat karena hanya berselang sejam seusai mengikuti Pelatihan Outbond Layanan Berbasis Pola Kerja Sinergis di Kopeng, Jawa Tengah. Tapi, ya, diniatkan saja berlibur biar capeknya hilang.

Dan, syukur kepada Tuhan, perjalanan ke Tuban hingga ke Jogja lagi begitu saya nikmati bersama 2 teman saya (Arif dan Eko). Berangkat pukul 22.00 WIB dari Jogja. Sampai Tuban jam 03.40 WIB hari berikutnya.

Untuk memanfaatkan waktu, saya ngajak teman2 saya jalan2 ke Goa Akbar, salah satu Goa bawah tanah terpanjang dan terbesar di Indonesia. Eko dan Arif ketika di Goa ini sempat tertegun melihat keindahan karya arsitektur Tuhan itu. Di situ, perhatian mereka sempat terfokus di kolam air yang mengalir pelan yang dinamai Kedhung Tirto Agung, salah satu kemistikan yang dimiliki oleh Goa Akbar itu.

Setelah puas di Goa Akbar, mereka mengajak saya wisata batin dan ibadah sukma (istilah Eko) ke para leluhur tersohor di Tuban. Oleh karena itu, saya pun ngajak mereka ke makam Syeh Maulana Ibrohim Asmara Qondi (Ayah Kandung Sunan Ampel, salah satu jajaran Wali Songo di tanah Jawa). Dan, silaturrahmi pula ke makam Syeh Maulana Maqdum Ibrohim atau biasa dikenal sebagai Sunan Bonang.

Dasar teman-teman saya itu memang suka hal-hal mistis dan punya kelebihan indra di luar kebiasaan orang biasa, saya pun harus menemani mereka berjam-jam di dua makam tersebut.

Setelah puas, kami pun pulang dengan batin, hati, dan suksma yang nyaman, rileks, dan segar. Alhamdulillah, kami juga sampai di Jogja kembali dengan selamat. Terimakasih temans semua atas doanya… (Misbahul Munir)

3 responses to this post.

  1. salam kenal mas q juga bocah tuban loooo……

    Misbah says: Saudaraku Pujokesuma, salam kenal juga ya… Terimakasih. Semoga sukses selalu buat Anda…

    Balas

  2. Salam kenal Mas Munir

    Ternyata disamping master foto , mas munir ini master dunia web juga

    salut-salut

    Wah ternyata Gua akbar ok punya, saya yang di Sby belum sempat kesana he he he

    salam

    Balas

  3. Posted by zhulla on 4 April 2011 at 05:59

    mau dong jadi model muslimah yang berkerudung!

    Misbah says: dengan senang hati mbak Zhulla, add FB saya di email: misbah.potopoto@gmail.com ya. Makasiiih and salam kenal!

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: