Ini Dia, Kejanggalan Atas Isu Jual Beli Pulau!


sayang sekali jika ini benar-benar tidak disikapi dengan cerdas oleh pemerintah atau masyarakat Indonesia...

sayang sekali jika ini benar-benar tidak disikapi dengan cerdas oleh pemerintah atau masyarakat Indonesia...

Di mata awam saya, saya menemukan beberapa kejanggalan atas apa yang mengiringi blow-up besar-besaran berita mengenai jual beli beberapa pulau di Indonesia.

Kejanggalan pertama, apakah selama ini pemerintah tidak tahu sama sekali jika ada transaksi jual beli pulaunya? Pemerintah dari pusat hingga Kepala Desa sekalipun seharusnya sangat tau atas adanya transaksi tersebut. Bagaimana tidak? Lha wong mau jual tanah seluas 10 meter persegi saja, urusannya sangat ribet dan harus ngurus sampai ke Pemda khusus yang ngurusi bidang pertanahan. Mau pindah alih fungsi lahan saja ijinnya minimal 3 bulan baru rampung, plus bayar administrasi yang cukup mahal lagi. Ini, mau jual pulau seluas itu masa tidak tahu? Bodoh sekali ya?

Kedua, ada ‘indikasi’ ini ditumpangi motif politik Indonesia untuk melakukan suatu move. Atau, kasarannya, akan ada sebuah perilaku pembenaran sebuah tindakan yang akan dilakukan oleh pemerintah Indonesia. Perlu dicatat, yang saya maksudkan pemerintah disini, sangat luas artinya. Sebagai contoh, untuk mengesahkan sebuah peraturan, Undang-undang, perpu, atau apalah itu, pasti ada kejadian terlebih dahulu yang mendahuluinya. Sehingga, ketika sebuah peraturan itu muncul, ada backup fakta atau kejadian yang membenarkan atas peraturan tersebut. Contoh apa? silahkan Anda cermati sendiri. Entah itu soal terorisme, militer, APBN, pendidikan, atau apapun.

Sebagai catatan saya, kecerdasan media di Indonesia sangat dibutuhkan atas hal ini. Isu yang di blow-up harus benar-benar dapat dibaca oleh public ke mana arah berita tersebut. Saya pikir, dengan banyak kejadian yang telah terjadi selama bangsa ini berdiri, akan dapat mencerdaskan masyarakat Indonesia.

Bagaimana menurut pendapat Anda? Misbah

3 responses to this post.

  1. […] Ini Dia, Kejanggalan Atas Isu Jual Beli Pulau! Di mata awam saya, saya menemukan beberapa kejanggalan atas apa yang mengiringi blow-up besar-besaran berita mengenai jual beli beberapa pulau di Indonesia. Kejanggalan pertama, apakah selama ini pemerintah tidak tahu sama sekali jika ada transaksi jual beli pulaunya? Pemerintah dari pusat hingga Kepala Desa sekalipun seharusnya sangat tau atas adanya transaksi tersebut. Bagaimana tidak? Lha wong […] […]

    Balas

  2. hmmm.. begitu ya.. salut atas kekritisannya

    Balas

  3. sebuah ironi di negara yang katanya kaya akan sumber alam. apakah negara ini sudah terlampau miskin sampai pulau juga dijadikan barang jualan?. sudah saatnya kita membangun jiwa nasionalisme yang sejati, dengan tidak menempatkannya di bawah materi. negeri ini butuh generasi penerus yang berjiwa patriot, mampu menjaga setiap jengkal wilayahnya dari tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab. Mari kita jaga Indonesia dengan sepenuh hati!
    Iklan Gratis

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: