Blog Saya Dapat 1.000 (Seribu) Comment!


tips blog: cara mendatangkan mendapatkan dan meraih ribuan komentar comment

ayo, tetap semangat!

Akhirnya, setelah genap 15 bulan sejak saya buat, blog ini meraih lebih 1.000 (seribu) komentar (comment!). Jelas, sebuah usaha yang butuh upaya yang tak mudah saya rasakan.

Jika saya review, yang saya butuhkan untuk mengelola blog ini adalah:

pertama, konsistensi diri untuk menulis. saya punya komitmen diri untuk menulis 1 artikel untuk saya upload tiap hari. dan, ini sungguh tak mudah. saya harus melawan mood yang tiap saat berubah!

kedua, harus putar otak untuk memikirkan struktur dan gambar atau file yang harus saya upload di blog ini. kenapa ini penting? karena dengan struktur, gambar dan file yang baik, tingkat keterbacaan dan visibility postingan kita akan baik pula. dengan postingan yang menarik, jelas, pembaca pun akan rela berlama-lama membaca, dan tak sedikit memberikan komentar.

ketiga, selalu hati-hati membubuhkan kata kunci (keyword) dalam tiap postingan. perlu saya akui, sebagian besar pengunjung blog saya ini mampir dan menemukan blog saya karena kata kunci yang pas dengan yang mereka cari. namun, ada pula yang memang tiap hari atau secara periodik berkenan mengunjungi blog saya ini. saya mengucapkan berjuta terimakasih kepada teman-rekans semua atas apresiasi dan komentar Anda. jangan sungkan-sungkan untuk memberikan komentar pedas jika saya kurang tepat menurut Anda.

keempat, secara periodik harus blog touring ke blog milik blogger lain. prinsip saya adalah, jika saya tak pernah berkunjung ke blog lain dan memberi komentar, bagaimana blog saya akan di kunjungi dan diberi komentar pula?”

kelima, ini adalah hanya sebuah awal untuk memulai menjadi lebih baik lagi. saya butuh kerja keras lagi.

Mungkin 5 (lima) poin di atas bisa saya anggap sebuah tips agar dapat seribu comment. Ya, harapan saya semoga bermanfaat saja buat siapapun ya. Terimakasih kepada semua pembaca dan komentator serta visiting Anda. Salam persahabatan! [Misbahul Munir]

4 responses to this post.

  1. Selamat mas misbah semoga lebih sukses lagi amiin.

    Misbah says: Amin, makasih Forlan, saudaraku, atas doanya. Sukses selalu juga buat Anda ya…

    Balas

  2. Blog touring ke t4 ku dong mas misbah..
    hehe..mudah2an blog ku juga bisa kayak mas misbah

    Misbah says: terimakasih bos, saya selalu touring ke blog Anda kok.

    Balas

  3. 1000/370 = ~3 comments/post
    Saranku jgn ngejar kuantitas, tp kualitas komen. Posting berkualitas, komennya juga berkualitas.
    Tetep semangat mas..

    Misbah says: Yoi bro, inilah usahaku.. Semoga saja bisa tetap konsisten ya… trims semangatnya!

    Balas

  4. wah makasih idenya , jadi pengen ikutan nulis ah :)

    Balas

Tinggalkan Balasan

