Cara Memanfaatkan Blog atau Website Online untuk Promosi Karya Foto Para Fotografer


catatan: apakah setelah punya website atau blog fotografi, lalu seorang fotografer akan diamkan saja web atau blog itu? jelas butuh komitmen dan konsistensi yang tinggi untuk terus berkarya!

Saya sangat bersyukur, dalam beberapa kata kunci, blog saya ini cukup tinggi dalam search engine. Karena itu pula, proyek dan job fotografi atau motret lumayan mengalir.

Menurut saya, blog atau website merupakan wadah, wahana, atau sarana yang cukup tepat untuk melakukan publikasi karya foto para fotografer dari yang mulai masih amatiran sampai yang sudah profesional. Kalau saya sendiri, cukup amatiran saja. Tapi, siap terus berjuang untuk menjadi profesional dong, pastinya! Semangat! hehe…

Kembali pada media online ini, di zaman teknologi informasi yang begitu cepat dan riil time ini, hampir semua orang punya gadget yang bisa akses langsung internet. Jika membutuhkan informasi atau kebutuhan lainnya, mereka langsung mempercayakan sumber informasi itu kepada Internet.

Nah, dunia fotografi adalah bagian dari kemajuan jaman di era teknologi informasi ini. Konsumen atau user pengguna fotografi adalah orang atau institusi yang telah mengenal dan aware dengan teknologi ini. Gambaran mudahnya seperti ini, orang yang suka foto-foto, hampir semua pasti sudah mengenal dengan baik internet.

Oleh karena itu, jika seorang fotografer tak ingin ketinggalan jaman dan pasar potensialnya, maka fotografer tersebut harus membiasakan diri bergerilya di dunia maya. Ya, minimal dia punya account di beberapa situs atau website berikut ini: fotografer.net, facebook.com, fotosearch.com, flickr.com, blog di wordpress.com atau yang lainnya, devianart.com, dan situs fotografi hebat lainnya. Silahkan Anda cari lainnya.

Dengan begitu, seorang fotografer bisa bertukar pikiran, belajar dari karya foto fotografer lain, meminta komentar hasil karya kita, dan bersosialisasi diantara para fotografer. Ingat, proyek yang datang ke kita, dapat dipastikan awalnya karena teman kita! Tak percaya? Silahkan buktikan sendiri ya…

Selamat bergerilya di dunia maya, wahai para fotografer! Semoga bermanfaat sedikit share dari saya ini. [Mishbahul Misbah Munir Photoworks]

3 responses to this post.

  1. wah mantap banget mas infonya :) Thanks jadi termotivasi nih

    Balas

  2. Memang harus dimanfaatkan sebaik-baiknya semua media yang dapat dijadikan alat promosi bagi fotografer agar karya-karyanya dapat lebih dikenal oleh khalayak. Salam kenal mas.

    Misbah says: Terimakasih Mas Didit. Salam kenal juga. Mohon bimbingannya selalu ya…

    Balas

  3. saya bukan fotografer profesional tapi masih pemula. smoga dengan adanya website ini kita jadi bisa berbagi, thanx ya ilmunya..

    Misbah says: amin, amin, terimakasih…

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: