Tips SEO untuk Website & Blog Fotografi Rupanya Sangat Ampuh!


Tadi malam, ketika saya berdiskusi tentang SEO (search engine optimization) bersama seorang teman yang bekerja jadi redaktur majalah dan koran terbesar di Bali, salah satu poin penting yang menjadi perhatian beliau adalah ingin menjadikan website medianya rujukan dan referensi berita, info dan foto-foto semua tentang Bali.

Rupanya, beliau sama sekali tak paham itu SEO. Setelah tak jelaskan sedikit, ketertarikan beliau sontak menggebu-gebu. Maklum, SEO tak jauh dari ilmu pemasaran (marketing). Nah, background beliau sebelum menjadi redaktur adalah manajer marketing di media tersebut. Jadi, ya, semalam suntuk lah kami bicara soal SEO tersebut.

Sampai-sampai, beliau pun putar otak langsung untuk bagaimana menyalurkan hobinya jadi bisnis yang serius. Hobi beliau itu fotografi. Nah, beliau pengen, ketika cari kata kunci fotografer Bali atau Bali Photographer, website dan nama beliaulah yang muncul.

Saya pun memberikan penjelasan dan contoh dengan blog saya ini. Alhamdulillah, respon beliau cukup menggembirakan. Beliau sangat tertarik untuk menindaklanjuti salah satu trik marketing online (pemasaran online) ini di media beliau.

Semoga sukses ya Ibu. Semoga media Anda kian mantab dan hobi fotografi Anda tersalurkan dengan baik serta mendatangkan penghasilan yang mantab! amin. (Misbah Munir)

One response to this post.

  1. masa sih blog fotografi ampuh banget.. kan udah ada fotografer.net
    tempatnya para fotografer.

    Misbah says: Nova, untuk kata kunci tertentu, sebagai contoh: “Fotografer Profesional Jogja”, ketika orang searching di google.com, dia akan menemukan saya diurutan atas. Blog bisa menjadi jurus ampuh agar orang lain menemukan kita. Kalau fotografer.net, memang tempat mangkalnya para fotografer. Saya juga ikut disitu kok. Maksud saya menulis postingan di blog ini adalah agar, ketergantungan kita ke situs lain tidak terlalu tinggi. Dengan memiliki blog fotografi sendiri (dimanapun, baik wordpress.com, multiply.com, blogger.com, atau manapun) kita bisa bebas berekspresi sendiri, tanpa tergantung dengan aturan yang ada disitus lainnya. Semoga bermanfaat ya…

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: