Jogja | Jogjakarta | Yogya | Yogyakarta: Bisa Saingi Bali sebagai Kota Pariwisata jika punya ‘Lokalisasi Elit’!


icon yang cukup menarik dari jogja

“Jogja, Jogjakarta, Yogya, Yogyakarta or whatever name you call it, is a beautiful city with thousand tourist attractions. That’s also the reason why people always come and come again to Jogja.”

Begitulah papar salah satu website yang mengurai berbagai hal mengenai Jogja. Kota ini sangat eksotis dalam berbagai hal. Mulai dari wisatanya, pendidikannya, terutama budaya masyarakatnya. Kota yang berbasis kebudayaan Jawa ini memiliki pemerintahan yang berbeda dengan kota lain di Indonesia. Kraton Ngayogyokarto masih menjadi kiblat masyarakatnya dalam berbagai hal.

Selain itu, bagi para fotografer, Jogja adalah salah satu kota yang menawarkan banyak objek untuk di eksplore. Jogja merupakan kota budaya, syurganya para fotografer.

foto keindahan dan eksotisme gunung merapi

Jogja, memiliki keindahan alam yang lengkap! Mulai dari yang paling tinggi berbentuk Gunung yaitu Gunung Merapi, yang hingga saat ini masih menawan untuk menjadi obyek kunjungan para wisatawan manca. Apalagi lokal, gunung ini masih merupakan sebuah misteri besar yang selalu memancing orang untuk menengoknya.

Jogja juga memiliki bantaran pantai yang cukup memesona. Mulai dari Kulonprogo hingga di timur Gunung Kidul. Bagi para fotografer, keindahannya juga menawan untuk di abadikan.

Jogja memiliki tempat dan peninggalan budaya dari para nenek moyangnya yang juga memukai para penikmat keindahan culture, museum, candi, dan lain sebagainya. Bahkan, para pelaku budaya, baik yang ada di dalam lingkaran kraton maupun yang di luarnya juga mantab untuk dipelajari. Ini adalah artifak yang sangat berharga bagi bangsa Indonesia.

Satu lagi, Jogja punya potensi besar akan mahasiswanya. Jika boleh jujur, para pemilik duit berlebih, ketika maen, melancong, atau sekedar mampir di Jogja, mahasiswa (atau, mahasiswi, lebih tepatnya) adalah penarik minat tertinggi bagi mereka. Nyicipi atau jajan ‘ayam kampus’, itulah istilah tepatnya.

Sudah banyak literatur, penelitian, atau bahkan selentingan lebih populernya, yang menyebutkan perihal ini. Bahkan, ketika saya menemani ngobrol ringan di salah satu cafe hotel di Yogya, bersama seorang petinggi dan salah satu orang kaya di Indonesia, beliau mengatakan begini:

“Jogja itu, jika ingin menjadikan dirinya kota pariwisata dan bisa menyaingi kota pariwisata sekaliber Bali, syaratnya satu saja, yaitu Jogja harus punya lokalisasi elit yang berisikan ayam kampus terpilih. Ini bisa saja jadi program pemerintah daerah atau pengusaha swasta,”

Itu tuturnya enteng sambil gelak tawa menyeruak dari kami yang mendengarnya. Setelah tak pikir-pikir, “iya juga ya”, begitu gumamku menyetujui ide gila itu. Ha ha ha…

Hah! pikiran gila itu, dan sangat edan, mungkin!

Diluar itu semua, walaupun tak ada ‘lokalisasi elit’, Jogja merupakan kota eksotis bagi para fotografer dan Anda semua pastinya! Bagaimana menurut Anda? –Misbah Munir–

One response to this post.

  1. Barangkali, lebih baik bermitra daripada bersaing

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: