Siapa yang diuntungkan adanya buku Gurita Cikeas George Junus Aditjondro itu?


Penulis buku "Membongkar Gurita Cikeas", George Junus Aditjondro memperlihatkan bukunya, di Yogyakarta, Senin (28/12). (ANTARA/Regina Safri)

Dalam setiap kontroversi, pasti ada yang diuntungkan dan yang dirugikan. Itulah alam yang mengatakannya.

Khusus untuk kontroversi atas penerbitan buku Gurita Cikeas karya George Junus Aditjondro ini, beberapa pihak juga sangat diuntungkan. Jika boleh saya menganalisis, yang diuntungkan diantaranya, pertama, Penulis sendiri, dengan tema dan buku bombastis seperti ini, bukunya akan dicari orang dan namanya juga pasti kian nanjak. Soal nama, mau image positif atau negatis, yang penting terkenal dulu.

Kedua,  dari pihak penerbit. Yang jelas, walaupun mendapatkan tekanan dari pihak yang tidak diuntungkan, penerbit pasti mendapatkan keuntungan, khususnya dari sisi nama besar dan penjualan. Sebesar apapun tekanan, bahkan sampai di breidel sekalipun, nama besar menurut saya lebih penting.

Ketiga, lawan politik SBY. Yang jelas, siapa pun yang tidak suka dengan SBY, dia pasti kipas-kipas. Tertawa lebar, bahkan mungkin akan mendukung terang-terangan dan mensupport kelanggengan penerbitan buku ini. Atau, bahkan, jangan-jangan, lawan politik SBY lah dalang dibalik penerbitan buku ini?

Keempat, masyarakat luas. Dengan adanya buku ini, masyarakat kian terbuka atas sebuah kasus politik. Sebuah demokrasi berbentuk diskusi dibarengi fakta dan data seperti ini, hingga dibukukan, merupakan suatu hal yang sangat positif bagi pendewasaan politik masyarakat.

Kelima, SBY sendiri. Kenapa dia juga mengambil keuntungan dari penerbitan ini? Jelas, jika SBY dan timnya dapat memanfaatkan momen ini dengan baik, tongkat keberuntungan ada padanya. Caranya bagaimana? SBY lebih lihai dibanding saya yang awam ini. Percayalah!

Bagaimana menurut Anda? –Misbahul Munir–

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: