Kebagian Dokumentasi dan Publikasi dalam SNATI 2008: Dipresentasikan 119 Makalah Hasil Penelitian dari Akademisi dan Praktisi


Sudah selama 4 kali penyelenggaraan Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi atau SNATI, walaupun bukan Ketua Panitia, saya selalu menjadi kontak person atau pelaksana paling sibuk. Gimana tidak? mulai dari penyebaran undangan, penjaga gawang komunikasi dengan peserta baik via email maupun pertelpon, mengedit dan me-layout paper yang masuk hingga jadi prosiding/proceedings, hingga mengatur koordinasi dengan panitia mahasiswa, sampai komunikasi pasca hari H bila ada peserta yang komplain karena ada yang kurang berkenan atau ucapan terimakasih dan bangga karena SNATI dirasakan menjadi ajang yang menyenangkan dengan pelayanan yang tak kalah dengan “hotel bintang 5″.

Prof. Mauridhi Hery Purnomo (ITS), Prof. Soekartawi (Unibraw), Fathul Wahid (Dekan FTI UII), Prof. Ahmad Fadzil B Mohamad Hani (Petronas Malaysia), dan Asistennya.Untuk pelaksanaan yang ke-5 ini yaitu tanggal 21 Juni 2008, karena bertepatan dengan ujian saya di FEB UGM (tanggal 2-14 Juni 2008), maka saya tidak bisa berkontribusi maksimal terutama dalam persiapannya. Saya hanya bisa membantu dokumentasi foto dan publikasi dengan mengundang teman-teman wartawan media massa yang perwakilannya atau memang kantor pusatnya di Yogyakarta. Untuk fotografi saya dibantu oleh Aji, mahasiswa yang juga teman saya di klub fotografi.

Hasilnya, alhamdulillah, semua media memuat berita kami. Yang cukup menggembirakan karena beritanya cukup besar dan komprehensif, antara lain: Kompas, Kedaulatan Rakyat, dan Republika. Saya ucapkan terimakasih kepada Mbak Amanda (Kompas), Mbak Ninik atau Fadmi Sustiwi (KR), dan Heri Purwata (Republika). Tak lupa, saya juga mengucapkan terimakasih kepada rekan-rekan: Pak Asril (Suara Merdeka), Philipus Jehamus (Bernas), Arin (Unisi FM), dan Mbak Sulastri (RRI), yang telah berkenan meliput dan memuat kegiatan kami.

Oh ya, berikut statistik jumlah peserta SNATI tiap tahun mulai 2004 hingga 2008.

Tahun     Makalah masuk      Makalah diterima masuk prosiding
2004             75                          69
2005             132                        122
2006             178                        146
2007             181                        168
2008             198                        119

Sedangkan, untuk peserta non makalah sebagai berikut: 11 peserta (tahun 2004), 88 (2005), 62 (2006), 49 (2007), dan 53 untuk tahun 2008. Terimakasih kepada seluruh peserta, panitia, dan seluruh pihak yang telah membantu keberlangsungan SNATI. Semoga bermanfaat. (Misbah)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: