Kriteria Foto-grafer dan Harga Jasa Foto-grafi


fotografer foto model cantik jogja

photo by Mishbahul Munir | talent model: Wanthie | location: Kalikuning Jogja

Beberapa waktu lalu, saya membuat survei kecil-kecilan melalui facebook mengenai kriteria fotografer dan persepsi harga jasa fotografi. Pertanyaan saya begini: “jika kita membutuhkan jasa seorang fotografer untuk memotret, apa sih yang sebenarnya kita harapkan dari tukang foto tersebut? Foto atau album yang seperti apa? Harga yang berapa? Sikap atau layanan seperti apa? atau ada yg lain?

Berikut kesimpulan jawaban dari beberapa teman-teman saya di facebook, semoga bermanfaat.

Diah Retno Wulandaru: Tukang foto yang profesional, bisa membuat kita senyum sumringah indah dipandang dan bisa mengatur gaya kita yang natural tanpa dibuat-buat. Foto atau album yang bisa jadi kenangan sepanjang masa so awet wet wet… Harga reasonable kompetitif, layanan yang tidak leda-lede, reliable, tidak break promise, kalau perlu diantar ke rumah…

Ghe Rahardjo: Hasil foto yang memuaskan juga fotografernya yang ramah dan gak pasif buat ngarahin gaya.

Myra Apriandini: Foto yang didalamnya kita kelihatan beda, lebih cantik atau lebih ganteng.

Paklek Pramar: Moment yang diabadikan, terlalu manis untuk dilupakan…

Hengky A. Putra Foto: kalau setahu saya foto yang bagus itu yang sesuai dengan permintaan pelanggan. Harga: dari sisi pelanggan pasti ingin foto yang bagus tapi harganya murah, tapi kalau dari sisi fotografer harga menentukan kualitas karena fotografer juga butuh alat yang bisa digunakan buat motret yang bagus selain skill tentunya. Sikap: kalau menurut saya fotografer sendiri lebih baik memiliki sikap yang ramah dan sabar, sebab pelanggan biasanya banyak maunya. Begitulah menurut pemikiran saya, kalau ada yang kurang berkenan harap maklum ya. hehe…

Iindriasty Syahrir: Nyari fotografer yg ganteng, biar gak mati gaya. kalau fotografernya buluk pasti yang difoto cemberut. Situ ganteng gak? xixixi..

Bung Palino: Foto yang bisa memunculkan kelebihan kita tapi natural. Harga murah kalau bisa gratis. Sikapnya ramah dan komunikatif.

Fritz Primadya Nikon: Tergantung :-) Price: no matter what yang penting price (80%), the photographer: no matter price yang penting fotografernya (10%), ???????: 10%

Gde Wira Brahmana: Fotografer yang professional dalam melaksanakan pekerjaannya, mengingat proses belajar dan investasi alat yang tidak murah, serta hasil yang bisa di pertanggungjawabkan.

Okta Prawira: Ya, harga sesuai dengan karya mas….

Aisyah Dinda Rosita: * Fotografer: kalau dia profesional dalam bidangnya, tentu dia bisa menghasilkan foto yang beda sama aslinya. Menghasilkan karya yang lebih elegan. Pokoknya sip dech kalo buat dimasukin di album, bisa jadi kenangan tak terlupakan. * Harga: itu relatif kalo karyanya bagus tentu harga jual mahal. Orang juga bisa nilai sendiri. * Terus fotografernya juga harus ramah tidak sombong, karena kita yang mau di foto banyak maunya.

Antony Setyo Rachmanto: Fotographer yang baik adalah: 1. Selalu diniatkan untuk ibadah dalam berkarya! 2. Hasil menjadikan manfaat yang baik buat banyak orang. 3. Memiliki nilai keindahan karena tuhan suka keindahan tanpa melanggar norma agama. 4. Masalah Rejeki itu yang diatas yang ngatur kita hanya bisa semaksimal mungkin dalam ikhtiar. 5. Semoga kita dapat selalu tersenyum, ihklas dan niat yang baik dalam berkarya!! Amin Semoga hidup dan rejeki kita berkah…

Rhie Calandra: Fotografer yang bisa bikin hasil foto yg kelihatan lebih bagus dari aslinya tapi tetap natural. Terus sikap si fotografer bisa bikin yang di foto ngerasa nyaman dan gak kaku.

W Wijoseno Aji: Yang diharapkan dari seorang klien adalah sesuai dengan keinginannya. Foto yang baik belum tentu bagus dan sebaliknya. Wacana dari seorang klien tentang foto terkadang berbeda dengan seorang fotografer. Intinya jualan foto, foto yang baek, benar dan sesuai keinginan klien. Sikap yang profesional, dan yang terakhir treatment foto yang laen dari yang laen (spesial) dan going concern. Kira-kira begitu Mr. Munir.

Begitulah jawaban ringkas dari mereka. Bagaimana kalau pendapat Anda? Silahkan bubuhkan saran dan masukan atau pengalaman Anda pada kolom komentar dibawah ini ya. Makasiiih…  (Mishbahul Misbah Munir Potopoto)


6 responses to this post.

  1. […] Baca Detail Iklan: Kriteria Fotografer dan Harga Jasa Foto-grafi « Fotografer … […]

    Balas

  2. Profesional = Displin, Bertanggung jawab, & Quality Control

    Balas

  3. Posted by Rusdi Chaprian on 30 Oktober 2010 at 07:57

    mantap mas sukses ya…

    Balas

  4. Posted by Endah on 14 November 2010 at 08:36

    hasil fotonya kayak ada dimanaaaa gitu? keren kan? sikap fotografer yg ramah kemungkinan besar menimbulkan rasa nyaman buat klien untuk difoto dan diarahkan

    Balas

  5. Posted by bokir on 15 Februari 2011 at 08:40

    saya setuju dengan mas wijoseno, ego idealis pada saat komersil memang susah tp bisa diusahakan…

    Balas

  6. Jadi kesimpulannya apa nih, mas?

    Misbah says: Bang Didit, silahkan disimpulkan sendiri ya… hehe…

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: